Pengurus APPARINDO 2019-2022 Resmi Dilantik

   Pelantikan Pengurus Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APPARINDO) 2019-2022 dilangsungkan di Jakarta pada akhir Januari 2020. Tampaknya, pelantikan pengurus ini menjadi perhatian para anggota asosiasi pialang perasuransian sebagaimana terlihat kursi tamu yang tersedia penuh. Jumlah anggota per Desember 2019 adalah 160 perusahaan pialang asuransi dan 43 perusahaan pialang reasuransi.

    Selain anggota, acara ini juga dihadiri oleh mitra bisnis seperti perusahaan asuransi. Tampak hadir Ketua Umum AAUI Dadang Sukresna, yang juga Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia, Direktur Eksekutif AAUI Dody Dalimunthe, dan tentunya dari regulator asuransi yaitu Otoritas Jasa Keuangan.

   Pengurus APPARINDO 2029-2022 merupakan hasil dari Rapat Tahunan Anggota (RTA) APPARINDO pada 24 Oktober 2019 di Jakarta di mana Mohamad Jusuf Adi terpilih sebagai Ketua Umum. Sedangkan Wakil Ketua Umum I adalah Yulius Bhayangkara, Wakil Ketua Umum II Dandy Yudhistira, Sekretaris Jenderal Tati Febriyanti, Wakil Sekretaris Jenderal Amanda Stanley Soripada, dan Bendahara Sherlyana.

    Ada beberapa Departemen dibawah Dewan Pengurus APPARINDO 2019-2022. Departemen Organisasi-Sosial diketuai oleh Nefertiti Marzuki, dengan wakilnya Sri Kiswardhani. Departemen Humas & Promosi diketuai oleh Dicky Wens, dengan wakilnya Selviya Debora. Departemen Hubungan Antar Lembaga & Hubungan International diketuai oleh Mirza T. Nugroho Azis, dan wakilnya Vivek Atmaram Tolani. Departemen Hukum – Peraturan & Kepatuhan diketuai oleh Wismar Nainggolan dan wakilnya Teguh Trilistyono. Departemen Teknik diketuai oleh Ieke Ch. Mandas dan wakilnya Retno Kurniasih. Departemen Diklat & Kemajuan Anggota diketuai oleh Retno Susanti dan wakilnya Angky B. Sasongko. Dan Departemen Statistik, Riset & TI diketuai oleh Angkasa Sutarno dan wakilya Abraham R.J. Susanto.

    Dalam kepengurusan APPARINDO 2019-2022, Ada Dewan Kehormatan dan Dewan Pengawas. Dewan Kehormatan diketuai oleh Tanto Sudiro dan wakilnya Mira Sih’hati. Anggotanya adalah Kapler A. Marpaung, Wuwun Mauludi, Arman Juffry, Mashudi, Harry Purwanto, Ketua Umum APARI (ex-officio) dan Ketua LSP-PI (ex-officio). Sedangkan Dewan Pengawas diketuai oleh Ian Ramelan dan wakilnya M. Mustaqiem. Anggotanya Joko Purwanto dan Soedarto Jono.

    Direktur Jasa Penunjang, Industri Keuangan Non Bank, Otoritas Jasa Keuangan Tattys Miranti Hedyana mengharapkan agar pengurus yang baru dapat bekerja bersama dengan OJK dalam menangani permasalahan yang ada di industri pialang asuransi dan reasuransi. “Peran pialang asuransi dan reasuransi semakin penting dalam kegiatan industri asuransi,” katanya.

    Setelah memberikan sambutannya, Tattyys Miranti Hedyana, didampingi Ketua Umum Mohamad Jusuf Adi dan Ketua Dewan Kehormatan Tanto Sudiro, membunyikan lonceng sebagai tanda dimulainya acara Pelantikan Pengurus APPARINDO 2019-2022.

  Sebelumnya, Tanto Sudiro sebagai Ketua Dewan Kehormatan dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya kompetensi dalam kegiatan bisnis pialang asuransi dan reasuransi. “Buatlah simpel bagi nasabah atau tertanggung. Jangan dibuat sulit,” katanya. Meskipun kompetensi penting, ia menjelaskan, tapi integritas lebih penting.

   Dalam acara pelantikan pengurus asosiasi pialang asuransi dan reasuransi ini, ada acara diskusi yang bertema ”Selayang Pandang tentang Peran Retainer atas Perlindungan Hukum kepada Anggota APPARINDO”. Acara diskusi ini dipandu oleh Wismar Nainggolan, dengan pembicara Richard Haullussy dari Kantor Pengacara Haullussy Richard & Partners. “Mengapa acara diskusi ini diselenggarakan, karena kegiatan bisnis pialang asuransi dan reasuransi selalu berkaitan dengan sisi legal,” kata Mohamad Jusuf Adi memberikan alasan. Mucharor Djalil