Sudah Lapor Kehilangan Motor ke Leasing Tetap Didatangi Debtcollector

Redaksi Yth,

Peristiwa ini dialami keponakan saya beberapa bulan lalu. Dia kehilangan sepeda motor yang masih dikredit, cicilan tinggal tiga bulan lagi. Setelah kehilangan motornya, keponakan melapor ke leasing tempatnya mengambil motor. Saat melapor tersebut, dia diminta menyerahkan STNK dan kunci motor yang masih dia pegang. Namun pihak leasing tidak memberikan surat laporan atau apapun dokumen terkait dengan laporan itu.

    Bulan berikutnya, datang seorang debtcolector yang mengaku dari pihak leasing mendatangi rumah dan menagih cicilan yang belum dibayar. Sudah diberi penjelasan bahwa motor hilang dan sudah melapor ke pihak leasing. Namun orang yang mengaku dari pihak leasing itu meminta bukti surat keterangan telah melapor kehilangan. Tentu saja keponakan tidak memilikinya karena saat melapor tidak diberi surat apapun. Karena tidak dapat menunjukkan bukti pelaporan, si debtcolector tetap memaksa keponakan untuk membayar cicilan.

  Tentu saja ini suatu keanehan bagi saya. Bukankah motor yang dibeli secara kredit, pasti diasuransikan. Apalagi ini sebuah leasing besar dengan kantor di mana-mana. Seharusnya begitu ada laporan motor hilang, mestinya kan diganti pihak asuransi. Namun kok ini masih ditagih bayar cicilan.
Terimakasih.

Agus

Cimanggis, Depok, Jabar.