Allianz Indonesia dan Gelar Kompetisi Empowered 3.0 untuk Disabilitas

    Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli (YAP) menggandeng Manajer Investasi Principal Asset Management (Principal) mengadakan kompetisi Empowered (Economic Empowerment for Entrepreneurs with Disability). Empowered adalah program pendampingan dan pengembangan usaha untuk memberdayakan masyarakat difabel agar dapat mandiri, produktif, dan memiliki pendapatan yang layak, sesuai dengan skill dan kemampuan mereka.

      Ketua Yayasan Allianz Peduli Ni Made Daryanti mengatakan bahwa Allianz Indonesia kembali mengadakan program Empowered sebagai bentuk komitmen perseroan dalam membantu meningkatkan kesejahteraan para difabel, sesuai dengan salah satu pilar CSR yaitu pilar Pemberdayaan Ekonomi. “Melalui program ini, kami membentuk kemandirian usaha teman-teman difabel dan memberikan dukungan penuh agar usaha mereka dapat berkembang lebih baik lagi,” katanya dalam keterangan pers, 3 Juni 2020.

      Sementara itu, Chief Executive Officer Principal Agung Budiono mengungkapkan bahwa dukungan terhadap program Empowered ini bertujuan untuk membuka akses bagi banyak difabel untuk meningkatkan keterampilan dalam mengelola keuangan, serta membentuk kemandirian usaha mereka, sehingga dapat terus berkembang. “Kami berharap program ini dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk mendukung pemberdayaan komunitas, salah satunya kaum difabel,” katanya.

    Pendaftaran yang dibuka pada bulan Maret 2020 telah menarik banyak pelaku usaha difabel untuk ikut serta. Saat ini telah terpilih 10 proposal terbaik yang berhak mendapat pendampingan pengembangan usaha oleh Allianz bersama dengan Principal. Ada bermacam jenis usaha, mulai dari usaha mebel, jual beli hasil bumi dan pakan ternak, batik, sampai perdagangan madu.

    Pendampingan 10 besar akan dilaksanakan pada bulan Juli–September 2020 dengan metode online. Para mentor akan mengirim panduan rencana bisnis kepada 10 peserta dan secara rutin membahas rencana bisnis mereka. Tiga peserta terbaik akan menerima dana pendampingan masing-masing sebesar Rp50.000.000 untuk modal pengembangan usaha, persembahan dari Principal dan Yayasan Allianz Peduli serta masyarakat yang telah berdonasi melalui kampanye #30MenitSehari di media sosial Allianz Indonesia. Ken