Andika Broker Buka Kantor Pengembangan Baru

    PT Andika Mitra Sejati (Andika Broker) resmi membuka kantor pengembangan bisnisnya di Komplek Perkantoran Pulomas, Jalan Perintis kemerdekaan Blok XII Nomor 3 Jakarta Timur. Kantor ini untuk pengembangan bisnis perusahaan di segmen baru yaitu yang membidangi Asuransi Jiwa Kredit serta General Insurance.

    Associate Director PT Andika Mitra Sejati Dicky Wens mengatakan bahwa dimulai awal tahun 2020 ini, perusahaan membuka sayap bisnisnya untuk merambah ke sektor Asuransi Jiwa Kredit, serta produk-produk asuransi di industri asuransi umum. Sebelumnya, portofolio bisnis Andika Broker banyak terfokus pada employee benefit dan Health Insurance.

     Untuk pengembangan bisnis ke depan, Dicky mengatakan bahwa perusahaan akan menguatkan portofolio yang selama ini tidak tergarap maksimal dengan aturan regulasi, seperti pemenuhan tenaga ahli, marketingyang andal, serta technical support.Program yang tengah dijalankan sekarang, juga masuk ke segmen institusi keuangan seperti perbankan termasuk BPR serta koperasi. “Di Andika Broker sendiri, segmen ini sebenarnya sudah ada, tapi tidak dijalankan secara maksimal. Sudah menjadi himbauan OJK juga, bahwa portofolio bisnis itu harus seimbang. Yang selama ini hanya bermain di employee benefit, namun saat ini kita ingin merambah sektor lain. Jadi, kita tidak hanya mengandalkan satu bisnis tertentu saja. Padahal kita punya peluang di bisnis yang lain,” ungkap Dicky pada Media Asuransi di kantornya, 18 Februari 2020.

    Dicky menambahkan bahwa langkah perusahaan saat ini untuk cenderung pada bisnis koporasi karena faktor efektivitas, karena fokus ke sektor korporasi ini dirasa lebih efektif dengan bisnis jangka panjang yang lebih baik. Walau begitu, perusahaan juga akan tetap mempertahankan bisnis di sektor ritel. “Karena masih baru menjajaki, saat ini memang kita baru tahap persiapan. Namun sejauh ini kita sudah memiliki klien dari beberapa perusahaan lembaga keuangan yang sudah bekerjasama dengan kita,” tandas Dicky.

      Menanggapi segmen Asuransi Jiwa Kredit dan General Insurance ini, Chief Businness Development Andika Broker Virmansyah menjelaskan bahwa segmen ini akan dijadikan perusahaan sebagai bisnis langganan. Karena memang sifatnya yang long term. “Dari sini kita juga akan kembangkan asuransi-asuransi turunannya yang dapat kita garap. Itu yang akan kita gali terus sehingga ada coverasuransinya. Portofolio yang lama, akan tetap terus kita kembangkan sekalian kita juga maintainklien-klien lama. Untuk saat ini portofolio employee benefitini ada sekitar 80 persen. Kita berharap ke depan dapat diseimbangkan dengan segmen baru ini. Jadi, dengan begitu bisnisnya akan lebih sehat lagi, ” ujar Virmansyah.

     Sedangkan untuk sektor General Insurance, menurut Virman akan diarahkan bisnisnya ke Properti All Risk, Kendaraan Bermotor, dan Surety Bond. “Selain itu juga ada sedikit ke Marine Cargo. Ke depan kita akan maksimalkan sektor-sektor ini,” tandasnya.

    Sementara itu, Tenaga Ahli PT Andika Mitra Sejati Haryanto mengungkapkan optimisnya terhadap tim yang saat ini dimiliki perusahaan. “Sebetulnya bukan hanya bisnisnya saja yang baru. Kita juga ada beberapa yang menjadi tim baru dan saya yakin tim ini akan mampu memanfaatkan potensi bisnis yang ada, terutama untuk general insurance ini. mudah-mudahan dengan misi dan tekad yang kuat, bisnis Andika Broker akan terus berkembang,” timpal Haryanto. Fir