Bank Muamalat Jalin Kerja Sama dengan Ormas Hidayatullah

   PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) menjalin kerja sama pemanfaatan produk perbankan dengan Ormas Islam Hidayatullah. Kerja sama ini meliputi penghimpunan dana, pembiayaan, cash management system (CMS), dan Payment Point Online Bank (PPOB). Nota kerja sama ini ditandatangani oleh CEO Bank Muamalat Achmad K Permana dan Ketua Umum DPP Hidayatullah Nashirul Haq, di Muamalat Tower Jakarta, 12 Februari 2020.

   Permana mengatakan bahwa ada satu kebahagiaan bagi Bank Muamalat yang pada akhirnya dapat melakukan kerja sama secara official, sekalipun hubungan kerja sama antara Bank Muamalat dan Hidayatullah sebetulnya sudah cukup lama, yaitu semenjak tahun 2016 Hidayatullah sudah menjadi nasabah utama. Hidayatullah merupakan salah satu ormas besar di Indonesia. Selain kerja sama bisnis, Bank Muamalat juga telah bekerja sama dengan lembaga sosial milik Hidayatullah yaitu Islamic Medical Servis, dengan menghibahkan satu unit mobil hapus tato gratis pada tahun 2017.

    Bank Muamalat, kata Permana, loyalis terbesarnya adalah segmen islami. Dalam beberapa tahun terakhir bisnis di perusahaan sangat di-support oleh segmen ini, termasuk dari Hidayatullah sendiri. “Ini adalah sebuah anugerah bagi kita. Bank Muamalat akan berkomitmen bahwa untuk segmen islami ini kita akan berikan prioritas lebih. Kita ingin besar bersama-sama. Melalui kerja sama ini kami berharap dapat menjadi bagian dari visi ekonomi keumatan yang dimiliki oleh Hidayatullah. Dalam rangka mendukung hal tersebut hingga saat ini kami telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp93 miliar kepada Hidayatullah,” ungkapnya.

    Sementara itu, Nashirul Haq mengatakan bahwa Hidayatullah memilih Bank Muamalat sebagai mitra dalam mengembangkan pembiayaan karena Bank Muamalat merupakan pelopor perbankan syariah di Indonesia. Dia jelaskan bahwa Hidayatullah memiliki jaringan yang luas di seluruh Indonesia, selain 580 pesantren, ada 310 sekolah dan perguruan tinggi, jaringan retail Sakinah Mart, hingga perusahaan yang bergerak di beberapa lini usaha. “Bank Muamalat dan Hidyatullah punya visi yang sama yaitu berkomitmen untuk mengimplementasikan prinsip syariah di bidang muamalah,” ujar Nashirul Haq. Fir