BNI Syariah Kembangkan Produk BNI Griya Swakarya iB Hasanah

    Sejak diluncurkan pada tahun 2017 lalu, BNI Syariah telah memiliki inovasi produk pembiayaan rumah berbasis kepemilikan fixed asset yaitu BNI Griya Swakarya iB Hasanah. Setelah mengembangkan proyek di kota Bogor dan Sumenep, kini BNI Syariah merambah daerah lain yaitu Pamulang dan Tangerang. Menurut Direktur Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi untuk proyek Griya Swakarya tahun 2020, BNI Syariah tetap mengedepankan prinsip “Kami Beri Rumahnya, Bukan Uangnya”.

      “Pada tahun ini, BNI Griya Swakarya iB Hasanah terus mengkaji dan mengembangkan pola strategi marketing yang tepat sebagai strategi berbisnis sehingga sesuai dengan prinsip awal program ini,” kata Iwan Abdi dalam keterangan resmi, 17 Mei 2020. Lebih lanjut dijelaskan bahwa produk ini mempunyai beberapa keunggulan seperti adanya diferensiasi antara bank syariah dan bank konvensional, yakni obyek Griya Swakarya berupa tanah dan bangunan merupakan aset milik bank.

       Saat ini pola pengembangan proyek BNI Griya Swakarya iB Hasanah dilakukan dengan mencari captive market terlebih dahulu. Calon pembeli kemudian dapat menyerahkan surat minat kepada BNI Syariah sebagai tanda bukti keseriusan disertakan foto copy KTP pasangan suami-istri dan booking fee. Di daerah Pamulang, BNI Syariah mengembangkan perumahan yaitu Palm Resort, yang berada di Jalan Benda Raya, Pamulang. Di kota Tangerang, BNI Syariah mengembangkan proyek Griya Swakarya di Perumahan Daru Indah, Tangerang.

    Iwan menuturkan, BNI Griya Swakarya iB Hasanah merupakan inovasi BNI Syariah, karena menjadi bank syariah pertama yang mempunyai produk pembiayaan rumah berbasis kepemilikan fixed asset. Produk ini memiliki model bisnis syariah dengan dasar akad murabahah atau jual beli. Dalam hal ini bank syariah terlebih dahulu menguasai aset properti yang akan dikelola, dibangun dan dijual dimana dalam neraca didudukan sebagai persedian bank. Secara prinsip syariah murabahah menjadi lebih sempurna karena obyek yang diperjualbelikan telah dikuasai oleh bank.

      Bank bertindak sebagai developer sekaligus pemberi pembiayaan, sehingga harga properti yang ditawarkan kepada calon konsumen menjadi lebih kompetitif dengan promo bundling yang diberikan serta kemudahan proses pembiayaan. “Pengembangan BNI Griya Swakarya iB Hasanah diharapkan bisa membantu target pemerintah terkait program satu juta rumah dan penyediaan rumah layak bagi seluruh masyarakat,” kata Iwan Abdi.

      BNI Griya Swakarya iB Hasanah merupakan upaya BNI Syariah untuk memaksimalkan bisnis pembiayaan consumer. Sampai dengan Maret 2020, outstanding pembiayaan KPR BNI Syariah yaitu BNI Griya iB Hasanah mencapai Rp13,58 triliun dengan pertumbuhan 11,86 persen year on year (yoy). Pada tahun 2020, BNI Syariah menargetkan pertumbuhan pembiayaan BNI Griya iB Hasanah sebesar 12 persen yoy. Edi