BNI Syariah Tandatangani Kerja Sama dengan Tiga Developer Properti

     BNI Syariah menjalin kerja sama terkait penyediaan fasilitas pembiayaan pemilikan properti dan satuan rumah susun (BNI Griya iB Hasanah) dengan tiga developer properti yaitu PT Jaya Real Property Tbk, PT Jaya Gardenpolis, dan PT Megatopmas Nusantara. Perjanjian kerja sama ini diteken oleh SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi, Direktur PT Jaya Real Property Tbk Djuniardi Christanto, Direktur PT Jaya Gardenpolis Johanes Mardjuki, dan Direktur PT Megatopmas Nusantara Subianto Setjawardaja di Tangerang Selatan Banten, 30 Januari 2020.

     Dalam kerja sama ini, BNI Syariah menyediakan fasilitas pembiayaan kepemilikan rumah (BNI Griya iB Hasanah) bagi masyarakat yang ingin memiliki hunian dengan sistem syariah. Ada beberapa pilihan hunian yaitu rumah, rukan, ruko yang merupakan proyek dari PT Jaya Gardenpolis dan PT Megatopmas Nusantara serta apartemen yang merupakan proyek dari PT Jaya Real Property Tbk.

     Iwan Abdi mengatakan bahwa kerja sama ini dalam rangka meningkatkan pembiayaan BNI iB Griya Hasanah yang sejalan dengan corporate strategyBNI Syariah yaitu Embracing New Opportunities, yakni BNI Syariah siap meraih peluang-peluang baru untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan menjadi partner yang lebih baik.

     Potensi bisnis dari kerja sama ini terutama berasal dari unit apartemen Emerald Bintaro di area Bintaro Jaya terdiri dari tujuh tower dengan total 3.200 unit, tower A sudah terjual habis pada tahun 2019. Proyek ini dikembangkan sejak tahun 2015 di lahan seluas hampir tiga hektar. Posisi saat ini tahap penutupan atap atau topping offtower B dan dijual dengan harga Rp300 jutaan.

     Untuk perumahan Jaya Imperial Park, saat ini terdiri dari lima clusterdari rencana total sebanyak 12 cluster. Saat ini sedang dipasarkan clusterkeenam dengan jumlah unit kurang lebih 200 unit. Rangeharga clustermulai dari Rp400 juta sampai Rp800 juta. Potensi total unit sampai 12 cluster kurang lebih 1.200 unit lagi. Rata-rata konsumen merupakan nasabah fixed income yang berada di seputar Bandara Soekarno Hatta.

   Iwan menambahkan, sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah berkomitmen untuk mewujudkan impian masyarakat dalam memiliki rumah khususnya konsumen yang berkeinginan memiliki rumah idaman yang nyaman dan tentram sesuai prinsip syariah, sehingga Insya Allah berkah. “Dengan kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan bisnis bersama-sama dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan hunian yang nyaman. BNI Syariah menyediakan fasilitas pembiayaan BNI Griya iB Hasanah untuk nasabah dengan maksimum pembiayaan Rp25 miliar, angsuran yang tetap, bebas biaya administrasi, bebas biaya provisi, bebas biaya appraisal serta bebas denda. Jangka waktu pembiayaan yang fleksibel sampai dengan 20 tahun untuk nasabah fix-income dan 15 tahun untuk nasabah non fix-income,” kata Iwan.

   Hingga September 2019, realisasi pembiayaan BNI Griya iB Hasanah sebesar Rp12,9 triliun tumbuh 11,6 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Pembiayaan perumahan BNI Griya iB Hasanah tercatat menyumbang 40,67 persen dari total pembiayaan BNI Syariah. Targetnya, pembiayaan BNI Griya iB Hasanah di tahun 2020 tumbuh sekitar 10 persen. Fir