CIMB Niaga Syariah Bukukan Kenaikan Laba 63,7 persen di 2019

    Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) membukukan  laba sebesar Rp1,15 triliun pada periode yang berakhir 31 Desember 2019, naik 63,7 persen secara year on year(yoy) karena di tahun 2018 labanya baru Rp701,61 miliar. “Peningkatan laba dikontribusi oleh pertumbuhan pembiayaan dan pendapatan dari bagi hasil,” kata Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara saat memaparkan kinerja keuangan CIMB Niaga Syariah tahun 2019 di Jakarta, 28 Februari 2020.

   Pandji mengatakan bahwa selain laba, pada 2019 aset CIMB Niaga Syariah juga meningkat, sebesar 23,6 persen yoy dari Rp34,38 triliun 2018 menjadi Rp42,51 triliun di tahun 2019. Kenaikan aset ditopang oleh pertumbuhan pembiayaan dan dana pihak ketiga (DPK). “Upaya kami untuk memperkuat bisnis Syariah terus membuahkan hasil positif. Tercermin dari naiknya laba dan aset dari tahun ke tahun, sehingga CIMB Niaga Syariah dapat mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia,”   jelasnya.

   Lebih lanjut dijelaskan, per 31 Desember 2019 CIMB Niaga Syariah telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp33,1 triliun, tumbuh 24,9 persen dari periode yang sama tahun 2018 sebesar Rp26,5 triliun. Komposisi pembiayaan terbesar disumbang oleh segmen Business Banking sebesar Rp19,4 triliun yang mencakup Corporate Banking, Financial Institution Group/FIG, Commercial Banking, dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Adapun pembiayaan dari segmen Consumer Bankingmencapai Rp13,7 triliun. “Pembiayaan sindikasi dan Kepemilikan Rumah (KPR iB) masing-masing masih menjadi kontributor utama untuk segmen Business Banking dan Consumer Banking pada 2019. Penyaluran KPR iB kami mencapai Rp12,4 triliun, tumbuh 42,8 persen yoy. Kami akan terus menawarkan program-program pembiayaan yang menarik sesuai kebutuhan nasabah,” ujar Pandji.

   Pada sisi pendanaan, sepanjang 2019 CIMB Niaga Syariah dapat menghimpun DPK sebesar Rp32,6 triliun, tumbuh 37,5 persen dari posisi yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp23,7 triliun. Sebagai UUS dengan fasilitas perbankan digital rlengkap, CIMB Niaga Syariah terus memaksimalkan layanan digital untuk meningkatkan customer experiencedan menambah jumlah nasabah.

 Haya Fest 2020

    Sejalan dengan fokus untuk terus meningkatkan penetrasi bisnis ke berbagai komunitas, pada 27-28 Maret 2020 CIMB Niaga Syariah akan menyelenggarakan Haya Fest 2020 di Gandaria Citi Hall, Jakarta. Seperti diketahui, Hayadiambil dari kata Bahasa Arab “al-hayah” yang berarti kehidupan. Mengusung konsep Syariah untuk Semua, Haya Fest menghadirkan beragam komunitas dan merchantmitra CIMB Niaga Syariah dengan promo-promo spesial yang menarik. “Haya Fest 2020 menjadi kegiatan kami bersama komunitas sekaligus merupakan rangkaian perayaan 65 Tahun CIMB Niaga. Kami berharap kegiatan dan program yang kami hadirkan dapat berkontribusi meningkatkan peran CIMB Niaga Syariah untuk memajukan ekonomi Syariah dan industri halal di Indonesia,” tutur Pandji. Edi