Prudential Indonesia dan Halodoc Sediakan 50.000 Rapid Test Covid-19 Gratis Bagi Warga Jakarta dan Surabaya

    PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meningkatkan  kerja sama dengan  Halodoc, salah satu penyedia layanan kesehatan berbasis online asal Indonesia, dengan menyediakan layanan tes diagnostik cepat Covid-19 (rapid test) tanpa biaya bagi 50.000 warga Jakarta dan Surabaya melalui aplikasi Pulse by Prudential (Pulse). Pelaksanaan rapid test untuk Jakarta mulai tanggal 30 April 2020 dan di Surabaya mulai tanggal 4 Mei 2020.

    Pulse adalah aplikasi kesehatan digital yang menghadirkan pengelolaan kesehatan holistik dan didukung oleh teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) untuk membantu pengguna meningkatkan gaya hidup sehat mereka dan memberikan akses ke layanan kesehatan kapanpun di manapun. Pengguna Pulse dapat mengakses berbagai fitur bernilai tambah yang dikembangkan melalui kerja sama dengan berbagai mitra dari perusahaan teknologi terkemuka, termasuk Halodoc yang menghadirkan fitur Bicara dengan Dokter secara online, dan yang terbaru adalah penyediaan layanan rapid test. Halodoc telah ditunjuk Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membantu melakukan rapid test Covid-19 kepada masyarakat umum.

    Untuk dapat mengikuti tes ini tanpa biaya, masyarakat diminta mengunduh aplikasi kesehatan Pulse by Prudential yang tersedia di Google Play Store dan AppStore. Setelah  memiliki aplikasi Pulse, calon peserta diwajibkan untuk melakukan pendaftaran di aplikasi Pulse dilanjutkan dengan memilih satu dari lokasi pelaksanaan tes, yaitu di Parkir Hall C JIExpo Kemayoran dan CIBIS Park TB Simatupang, Jakarta mulai 30 April 2020, serta Jalan Raya Duri Kosambi Cengkareng Jakarta dan KONI Jatim Athletic Field Mulyorejo Surabaya mulai 4 Mei 2020. Informasi alamat selengkapnya akan tersedia di aplikasi Halodoc. Hasil tes akan diumumkan melalui SMS dari Halodoc esok harinya.

   Selain untuk keperluan mendaftar rapid test ini, sejumlah fitur di aplikasi Pulse dapat membantu pengguna mengidentifikasi gejala Covid-19, salah satunya dengan memanfaatkan fitur Chatbot yang juga bekerja sama dengan Halodoc. Fitur ini membantu screening awal dalam mendeteksi risiko paparan Covid-19 terhadap pengguna melalui serangkaian pertanyaan. Selanjutnya, jika  ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai Covid-19, pengguna dapat memanfaatkan fitur Bicara dengan Dokter dari Halodoc yang menyediakan layanan konsultasi khusus Covid-19. Seluruh  layanan Covid-19 yang tersedia di aplikasi Pulse tersebut dapat diakses tanpa biaya hingga 31 Mei 2020.

   President Director Prudential Indonesia Jens Reisch mengatakan bahwa Halodoc merupakan salah satu mitra perseroan dalam membangun digital ekosistem untuk menawarkan pengelolaan kesehatan bagi pengguna Pulse. Peningkatan kerja sama dengan Halodoc saat ini semakin mempermudah masyarakat untuk memeriksakan diri mereka terkait Covid-19, mulai dari mengetahui kemungkinan paparan terhadap virus, mendaftarkan diri untuk mengikuti rapid test, hingga berkonsultasi dengan dokter yang kesemuanya dapat dilakukan melalui Pulse tanpa biaya apapun. “Program terbaru ini merupakan bagian dari serangkaian inisiatif dari Prudential Indonesia, yang telah dilaksanakan perusahaan untuk mendukung  upaya  pemerintah  dalam  penanganan Covid-19 sejak Januari tahun ini.” Katanya dalam keterangan resmi, 30 April 2020.

   Jens menjelaskan bahwa perusahaan  berkomitmen  untuk  tetap  memberikan perlindungan serta kemudahan tambahan kepada nasabah dan masyarakat meskipun Covid-19 telah diumumkan sebagai pandemi global dan bencana nasional. Peningkatan kapabilitas di dalam aplikasi Pulse  melengkapi  manfaat  dan  kemudahan tambahan dari  Prudential Indonesia  yang  sudah  tersedia sebelumnya  seperti  Santunan Tunai Tambahan sebesar  Rp1 juta per hari untuk maksimal 30 hari apabila dirawat di rumah sakit karena Covid-19 bagi nasabah Polis Individu Prudential dan pengguna Pulse yang mendaftarkan diri untuk Polis Bebas Premi Personal Accident. Kepastian Polis Aktif hingga 31 Mei 2020. Kemudahan berupa Tanpa Masa Tunggu untuk pembelian Polis baru dengan asuransi tambahan rawat inap jika nasabah menjalani rawat inap dengan diagnosis positif Covid-19. Penyesuaian  waktu  pembayaran  premi atau kontribusi (syariah) jika nasabah terkena dampak finansial dari pandemi Covid-19. Pengajuan Klaim secara  elektronik untuk hospitalization benefit. Informasi selengkapnya dapat dilihat melalui bit.ly/prucovid19.

 Sementara itu CEO Halodoc Jonathan Sudharta mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus memperluas  dan  mempermudah  akses  kesehatan  bagi  masyarakat,  terlebih  di  tengah pandemi ini. “Saat ini, Halodoc bersama Prudential bekerjasama untuk memberikan rapid test Covid-19 tanpa biaya bagi 50.000 pengguna. Untuk mengaksesnya, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Pulse by Prudential untuk melakukan redeem voucher, kemudian menggunakan voucher tersebut untuk melakukan pendaftaran rapid test di Halodoc,” katanya.

 Lebih lanjut dijelaskan bahwa sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mekanisme pelaksanaan rapid  test  dapat  secara  efektif  memutus rantai  penyebaran  virus dan  membantu untuk menentukan tindakan medis selanjutnya. Inisiatif rapid test tanpa biaya merupakan kerja sama dengan Halodoc, ini juga bagian dari kampanye PRUCinta selama bulan Ramadhan dengan tema ‘Buktikan Cintamu, Kenali Gejalamu, Supaya Tenang Ramadanmu’. Selain itu, Prudential Indonesia juga memberikan perlindungan jiwa kepada lebih dari 500 relawan hingga tenaga medis, difasilitasi oleh Kementerian Kesehatan. Edi