RUPST BNI Putuskan Rombak Direksi dan Komisaris 

    PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan untuk Tahun Buku 2019 di Jakarta, 20 Februari 2020). RUPST menyetujui perombakan jajaran pengurus perseroan, yakni komisaris dan direksi. Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo disetujui dan diangkat sebagai komisaris utama dan Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta disetujui dan diangkat sebagai direktur utama perseroan. RUPST juga menyetujui penggunaan laba bersih perseroan tahun buku 2019 sebesar Rp15,38 triliun, untuk dividen sebesar 25 persen dari laba bersih atau Rp3,85 triliun. Sisa sebesar 75 persen dari laba bersih atau Rp11,54 triliun akan digunakan sebagai Saldo Laba Ditahan.

    Hal ini disampaikan oleh Wakil Direktur Utama BNI Anggoro Eko Cahyo dalam jumpa pers seusai RUPST. Dia jelaskan, RUPST 2020 juga menyetujui perubahan nomenklatur direksi & perubahan susunan pengurus perseroan menjadi sebagai berikut:

Komisaris perseroan: 

  1. Komisaris Utama/Komisaris Independen Agus DW Martowardojo
  2. Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Pradjoto
  3. Komisaris Susyanto
  4. Komisaris Independen Asmawi Syam
  5. Komisaris Independen Septian Hario Seto
  6. Komisaris Independen Imam Sugema
  7. Komisaris Ratih Nurdiati
  8. Komisaris Joni Swastanto
  9. Komisaris Askolani
  10. Komisaris Independen Sigit Widyawan

Direksi perseroan:

  1. Direktur Utama Herry Sidharta 
  2. Wakil Direktur Utama Anggoro Eko Cahyo 
  3. Direktur Bisnis Korporasi Benny Yoslim 
  4. Direktur BIsnis Konsumer Corina Leyla Karnalies 
  5. Direktur Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tambok P Setyawati
  6. Direktur Tresuri & Internasional Putrama Wahju Setyawan 
  7. Direktur Keuangan Sigit Prastowo
  8. Direktur Manajemen Risiko Osbal Saragi Rumahorbo
  9. Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Y B Hariantono
  10. Direktur Human Capital & Kepatuhan Bob Tyasika Ananta 
  11. Direktur Hubungan Kelembagaan Sis Apik Wijayanto 
  12. Direktur Layanan dan Jaringan Adi Sulistyowati

    Wakil Direktur Utama BNI Anggoro Eko Cahyo menuturkan bahwa tim manajemen baru BNI akan terus melanjutkan program kerja dan kebijakan yang sudah ditetapkan dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) 2020. “Yang akan kami perkuat adalah di sisi implementasinya supaya kami bisa mengejar ketertinggalan kami, sehingga kinerja fundamental BNI akan lebih kuat dan berkesinambungan. Soliditas vertikal dan horizontal akan lebih kami perkuat, sehingga penetrasi ke pasar yang semakin ketat persaingannya ini dapat kami eksekusi lebih mantap,” tandasnya.

   Lebih lanjut Anggoro menjelaskan bahwa RUPST juga menyetujui penetapan remunerasi (gaji/ honorarium, fasilitas, dan tunjangan) Tahun Buku 2020 serta tantiem Tahun Buku 2019 bagi Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan:

a) Memberikan wewenang dan kuasa kepada Pemegang Saham Seri A Dwiwarna

untuk menetapkan besarnya tantiem untuk tahun buku 2019, serta menetapkan gaji/honorarium, tunjangan, fasilitas dan insentif lainnya bagi anggota Dewan Komisaris untuk tahun 2020.

b) Memberikan wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan tertulis dari Pemegang Saham Seri A Dwiwarna untuk menetapkan besarnya tantiem untuk tahun buku 2019, serta menetapkan gaji/honorarium, tunjangan, fasilitas dan insentif lainnya bagi anggota Direksi untuk tahun 2020.

  Selain itu RUPST menyetujui penetapan Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan dan Laporan Keuangan Pelaksanaan Program Kemitraan & Bina Lingkungan untuk Tahun Buku 2020. RUPST juga menyetujui Pengkinian Rencana Aksi (Recovery Plan) Perseroan dalam rangka memenuhi ketentuan Peraturan OJK No. 14/POJK.03/2017 tentang Rencana Aksi (Recovery Plan) bagi Bank Sistemik. Edi