Sinar Mas Bayar Klaim Asuransi Akibat Banjir Senilai Rp9,3 Miliar

   PT Asuransi Sinar Mas (ASM) melakukan pembayaran klaim terhadap para nasabah yang mengalami kerugian akibat dampak banjir 31 Desember 2019 hingga awal Januari 2020. Pembayaran kali ini diberikan kepada 15 orang nasabah yang terdiri dari 12 nasabah asuransi kendaraan bermotor dan tiga nasabah asuransi properti. Total nilai klaim yang dibayarkan adalah sebesar Rp9,31 miliar terdiri dari Rp6,14 miliar klaim asuransi properti dan Rp3,15 miliar klaim asuransi kendaraan bermotor.

    Direktur PT Asuransi Sinar Mas Dumasi MM Samosir mengatakan bahwa penyerahan klaim ini merupakan pembayaran batch ke‐3 yang dilakukan oleh PT Asuransi Sinar Mas terhadap para nasabah yang terkena dampak banjir. Sebelumnya pembayaran klaim telah dilakukan pada tanggal 24 Januari dan 29 Januari 2020. “Total nilai klaim yang telah dibayarkan adalah sebesar Rp11,6 miliar, katanya dalam keterangan resmi, 5 Februari 2020.

   Klaim asuransi kendaraan yang diserahkan ini merupakan full payment atas klaim total loss. Sementara untuk pembayaran tiga klaim asuransi properti merupakan interim payment. “Ini merupakan komitmen perusahaan untuk dapat mempercepat proses pembayaran untuk membantu nasabah kami segera dapat memulihkan operasional masing‐masing,” lanjut Dumasi.

   Akibat banjir 31 Desember sampai dengan awal Januari 2020, Asuransi Sinar menerima 442 laporan klaim banjir. Adapun estimasi total kerugian nasabah Asuransi Sinar Mas akibat banjir ini adalah sebesar Rp40,7 miliar.

    Sementara itu, salah satu perwakilan penerima interim payment untuk klaim asuransi properti PT Jameson Jumbo Permai Frengky Lengkong mengungkapkan, “Ternyata Asuransi Sinar Mas oke. Kepercayaan saya tidak salah. Seperti yang disampaikan Ibu Dumasi, dengan komitment yang to be the first to pay the claim, asuransi memang bukan hanya cover kerugian, tapi juga membantu orang yang kena musibah”.

   Asuransi kebakaran atau properti dan asuransi kendaraan merupakan produk unggulan yang memberikan kontribusi terbesar bagi pencapaian premi bruto Asuransi Sinar Mas. Pada tahun 2019, lini bisnis ini mencatat premi bruto sebesar Rp2,77 triliun sementara asuransi kendaraan roda empat membukukan premi bruto sebesar Rp1,23 triliun. Ken