Media Asuransi, JAKARTA – MNRB Holdings Berhad (MNRB Grup) hingga 31 Maret 2025 (FY2025) mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 3,5% menjadi RM3,6 miliar yang didorong oleh premi yang kuat dan kontribusi dari segmen reasuransi dan takaful umum.
Di tengah tantangan eksternal dan volatilitas pasar, MNRB tetap menghasilkan kinerja yang stabil, didukung oleh eksekusi yang disiplin, ketahanan operasional, dan manajemen keuangan yang bijaksana.
Pendapatan MNRB tumbuh sebesar 3,5% tahun-ke-tahun (YoY) menjadi RM3,6 miliar (FY2024: RM3,5 miliar), didorong oleh premi yang lebih kuat dan kontribusi dari segmen reasuransi dan takaful umum, serta peningkatan pendapatan investasi.
Laba bersih Grup mencapai RM394,2 juta (FY2024: RM433,5 juta), terutama dipengaruhi oleh hasil layanan asuransi yang lebih rendah dan penurunan keuntungan nilai wajar dalam portofolio ekuitas.
|Baca juga:PT Asuransi Takaful Umum Tetap Bertumbuh Positif
Total aset meningkat sebesar 6,3% menjadi RM13,4 miliar, dibandingkan dengan RM12,6 miliar pada tahun sebelumnya, yang mencerminkan pendekatan manajemen risiko dan modal yang bijaksana dari Grup.
Dato’ Rudy Rodzila Che Lamin, Presiden Sementara & CEO Grup MNRB dan Presiden & CEO Takaful Ikhlas General Berhad, mengatakan meskipun menghadapi lingkungan ekonomi makro yang menantang, MNRB tetap fokus dan tangkas dalam melaksanakan prioritas strategis Grup.
“Grup menunjukkan stabilitas operasional sambil menavigasi ketidakpastian ekonomi secara efektif serta komitmen yang teguh untuk memberikan nilai kepada para pemangku kepentingan pada FY2025. Kinerja kami mencerminkan ketahanan bisnis inti kami dan komitmen berkelanjutan kami untuk memberikan nilai yang berkelanjutan kepada para pemangku kepentingan kami,” katanya dalam keterangan resmi dikutip, Kamis, 29 Mei 2025.
Malaysian Reinsurance Berhad (Malaysian Re), divisi reasuransi/retakaful Grup, mencatat peningkatan stabil sebesar 1,4% dalam hasil layanan asuransi/takaful, naik menjadi RM341,7 juta pada tahun fiskal 2025 dari RM337,0 juta pada tahun sebelumnya. Kinerja ini didukung oleh pendapatan asuransi/takaful yang kuat dan konsisten sebesar RM1,9 miliar.
|Baca juga: Maximus Insurance (ASMI) Transfer Portofolio Syariah ke Asuransi Takaful Umum & Asuransi Sinar Mas
Malaysian Re melaporkan laba bersih sebesar RM310,8 juta untuk tahun fiskal 2025, didorong oleh hasil layanan asuransi yang stabil dan tangguh. Meskipun kerugian kurs mata uang asing pada posisi lindung nilai memengaruhi profitabilitas keseluruhan, kinerja inti perusahaan yang kuat menggarisbawahi kemampuannya untuk menavigasi fluktuasi pasar secara efektif.
Ke depannya, Malaysian Re berada pada posisi yang baik untuk meraih peluang pertumbuhan, meningkatkan hasil investasi, dan terus memberikan nilai berkelanjutan kepada para pemangku kepentingannya.
Malaysian Re secara strategis memperluas jejak globalnya melalui pendekatan yang disiplin dan berfokus pada laba bersih, dengan menekankan diversifikasi selektif—khususnya dalam bisnis Internasionalnya di seluruh portofolio Spesialisasi dan Perjanjian. Perluasan yang ditargetkan ini mencerminkan komitmen perusahaan terhadap pertumbuhan berkelanjutan, manajemen risiko yang bijaksana, dan penciptaan nilai jangka panjang.
Bisnis Takaful
Segmen takaful Grup, Takaful Ikhlas General Berhad (Takaful IKHLAS General) dan Takaful Ikhlas Family Berhad (Takaful IKHLAS Family) yang secara kolektif dikenal sebagai Takaful IKHLAS, mencatat pendapatan takaful gabungan sebesar RM1,3 miliar, yang dipimpin oleh kinerja yang kuat di segmen takaful umum.
Takaful IKHLAS mencatat laba bersih sebesar RM73,6 juta pada tahun fiskal 2025, meningkat 3,5% dari RM71,1 juta pada tahun fiskal 2024, didukung oleh kinerja yang solid dari segmen takaful umum dan stabilitas yang berkelanjutan di segmen takaful keluarga.
|Baca juga: Bos Asuransi Raksa ‘Buka-bukaan’ Mengapa Belum Rambah Bisnis Asuransi Syariah
Takaful IKHLAS Umum memperluas saluran distribusinya, mencapai pertumbuhan yang signifikan di saluran Agensi dan Langsung. Perusahaan juga memperkenalkan peningkatan dalam pengalaman pelanggannya dengan mengembangkan portal pelanggan swalayan GO Serve, perluasan cabang Virtual IKHLAS Point, dan bantuan pinggir jalan digital melalui Bantuan IKHLAS Road Assist.
Sementara itu, Takaful IKHLAS Keluarga terus mengembangkan bisnis kontribusi rutinnya, dengan Setara Kontribusi Tahunan (ACE), meningkat sebesar 4,4% menjadi RM34,1 juta, didukung oleh aktivasi aktif di lapangan dan inisiatif perekrutan.
Outlook
Melihat ke masa depan, Dato’ Rudy Rodzila menyatakan, kinerja moncer pada tahun fiskal 2025 menjadi landasan yang kuat bagi pertumbuhan Grup di masa mendatang.
“Kami tetap fokus pada prioritas strategis kami, yang meliputi peningkatan keterampilan bakat kami, perluasan kehadiran pasar dan kemitraan, peningkatan kapabilitas digital, dan mendorong keunggulan operasional.”
Editor: Achmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News