Site icon Media Asuransi News

Tips Sukses Menjadi Youtuber dan Travel Blogger

Pile of 3D Play Button Logos

Media Asuransi, JAKARTA –Youtuber dan travel blogger merupakan profesi sampingan yang sedang hits belakangan ini. Selain menyenangkan karena bisa jalan-jalan ke banyak tempat, profesi ini juga bisa mendatangkan cuan jika dilakukan dengan tekun. Bagi Anda yang ingin menjalani kedua profesi ini sekaligus, tak ada salahnya merencanakan strategi dari sekarang.

Menggabungkan antara profesi sebagai Youtuber dan travel blogger memang bukan hal yang langka. Sebab, kedua profesi ini memang bisa dilakukan sekaligus. Travel blogger merupakan sebutan bagi orang yang gemar menulis catatan perjalanan dan mempublikasikannya di berbagai situs blog. Sementara Youtuber melakukan profesinya dengan cara mendokumentasikan aktivitas dalam format audio visual. Sehingga, menjadi travel blogger sekaligus Youtuber berarti orang yang mendokumentasikan aktivitas jalan-jalan dalam bentuk video dan menayangkannya di channel Youtube.

Strategi agar sukses menjadi Youtuber dan travel blogger

Tak heran mengapa banyak orang ingin menjajal jadi Youtuber sekaligus travel blogger. Siapa sih yang tidak menyukai traveling? Karena disukai banyak orang, travelling merupakan tema yang popular untuk mengisi konten Youtube.

Alasan banyak orang mendadak menjadi Youtuber jalan-jalan belakangan ini juga tidak lepas dari situasi pandemi yang berdampak pada penurunan ekonomi. Sebagian orang mengalami penurunan pendapatan atau bahkan kehilangan pekerjaan akibat pandemi. Akhirnya, membuat konten jalan-jalan di Youtube menjadi salah satu alternatif yang bisa ditempuh untuk menciptakan penghasilan dan mengisi kekosongan di tengah ekonomi yang sedang lesu.

Baca juga: 7 Hal Tentang Keuangan yang Wajib Dibahas Bareng Pasangan

Jika Anda suka jalan-jalan dan ingin menciptakan penghasilan dari hobi ini, tidak ada salahnya merintis jalan untuk menjadi Youtuber sekaligus travel blogger yang sukses. Apa saja persiapan yang perlu dilakukan untuk menjadi travel vlogger di Youtube? Simak langkah-langkah berikut ini.

1. Rancang konsep konten yang akan disajikan

Ada banyak konsep konten yang bisa diangkat di Youtube. Namun Anda dapat memulainya dengan menentukan konsep yang paling kamu sukai dan kamu kuasai. Apakah sebuah review tempat wisata, atau tips jalan-jalan, atau konten yang bergaya adventure?

Model review bisa dipilih jika Anda termasuk orang yang menyukai traveling cantik, seperti keluar-masuk hotel atau tempat-tempat wisata.

Sedangkan model konten yang berisikan tips cocok jika Anda gemar berbagi hal-hal yang mungkin bermanfaat bagi orang lain jika hendak ke tempat tujuan wisata yang kamu review. Contoh tips yang bisa diangkat misalnya, tips moda transportasi yang paling hemat, pakaian yang tepat untuk ke suatu tempat, atau produk asuransi perjalanan yang paling ideal bagi keluarga yang suka bepergian.

Antara konsep adventure atau petualangan cocok untuk Anda yang suka melakukan perjalanan eksplorasi petualangan di luar ruang, seperti melakukan camping, trekking sampai ke puncak gunung, atau road trip. Konsep ini juga tepat jika Anda suka melakukan backpacking dan mengeksplorasi tempat baru yang belum pernah dikunjungi wisatawan lain.

Konsep penyajian informasi yang mengiringi konten video juga perlu Anda pikirkan sejak awal. Apakah informasi ini disajikan oleh host yang tampil di depan kamera atau voice over, apakah ada lebih dari satu host, apakah wajah teman perjalanan Anda ditampilkan, dan sebagainya.

2. Konsisten dengan konsep yang sudah ditetapkan

Setelah memilih dan merancang konsep konten dan cara penyajian, Anda harus konsisten untuk menerapkan konsep tersebut di channel milikmu, paling tidak untuk jangka waktu yang cukup panjang. Konsistensi dalam menerapkan konsep ini penting untuk membangun identitas channel milikmu. Algoritma platform berbagi video biasanya akan mengutamakan channel yang punya ciri khusus, yang muncul berkat konsistensi, saat ada netizen yang melakukan pencarian.

Jadi, apabila Anda ingin menjadi travel blogger dan Youtuber dengan spesialiasi di review hotel, lakukanlah itu secara konsisten. Jadi, channel milikmu akan muncul di daftar pencarian penonton yang hendak mencari tahu tentang oke atau tidaknya sebuah hotel.

3. Utamakan kualitas video

Terlepas dari konsep yang Anda pilih, konten yang disajikan haruslah memiliki kualitas video yang baik. Itu artinya, video yang Anda unggah dan bagikan haruslah memiliki kualitas gambar dan suara yang baik.

Baca juga: Bangun Tol Terpanjang, Waskita Karya Bentuk Anak Usaha Baru

Dalam bahasa sederhana, video dengan kualitas gambar yang baik berarti video yang memiliki kontras dan kejelasan warna yang baik. Video berkualitas baik seharusnya menampilkan gambar yang fokus, tidak blur, juga tidak goyang-goyang.

Kualitas audio yang ada di video juga harus sama memuaskannya dengan kualitas gambar. Audio berkualitas berarti suara percakapan, atau voice over, jika ada, dapat terdengar dengan jelas.

Ukuran yang paling mudah, cobalah Anda saksikan sendiri video buatanmu. Jika merasa tayangan yang Anda buat sudah pas, maka video itu layak tayang. Sebaliknya, jika merasa kurang nyaman dengan tampilan video, mungkin Anda perlu waktu ekstra untuk memoles kembali video tersebut.

4. Jadi diri sendiri dan jangan berbohong untuk konten

Apabila Anda memilih konsep untuk tampil sebagai host dalam konten yang disajikan, maka Anda harus percaya diri. Maksudnya, Anda harus siap untuk tampil dengan gaya sendiri, agar terlihat tidak kaku.

Jangan ragu untuk belajar agar bisa menjadi host yang luwes. Kenyataannya, untuk menjadi host yang bersikap wajar, percaya diri dan dapat bertutur tanpa keseleo lidah, memang membutuhkan latihan.

Satu hal lagi yang penting, tampil apa adanya juga berarti jujur dan tidak memberikan opini yang menyesatkan. Prinsip ini penting terutama bagi Anda yang memilih untuk membuat konten yang bergaya review.

5. Jangan lupa bubuhkan watermark untuk menghindari plagiarisme

Bagi seorang Youtuber, konten merupakan aset. Gambar pemandangan sebuah lembah, atau tampilan interior dari sebuah hotel yang baru buka merupakan aset yang dapat dimanfaatkan Youtuber.

Layaknya sebuah aset, konten yang Anda buat perlu mendapat perlindungan. Bentuk perlindungan itu bisa berupa watermark yang muncul dalam gambar video yang Anda buat.

6. Promosikan kontenmu di berbagai sosial media

Sebuah produk atau jasa akan lebih mudah terjual apabila ada usaha untuk mempromosikannya. Prinsip serupa berlaku juga untuk konten digital. Jika Anda ingin cepat menjaring subscriber atau views, maka tidak boleh malas mempromosikan konten tersebut.

Anda dapat memperkenalkan kanalmu dan mempromosikan setiap konten yang muncul di berbagai platform media sosial. Itu sebabnya, Anda perlu juga memiliki akun di berbagai media sosial, paling tidak Instagram, TikTok, Facebook, atau Twitter yang terhubung dengan kanal Youtube kamu.

7. Melakukan kolaborasi

Kolaborasi merupakan sesuatu hal yang lazim dilakukan oleh para Youtuber. Ada banyak alasan Youtuber untuk melakukan kolaborasi dengan sesama content creator lainnya.

Namun alasan yang paling utama adalah memperluas audience dari kanalnya. Logikanya sederhana, jika Youtuber A bekerjasama dengan Youtuber B, maka konten yang mereka hasilkan akan menjaring views dari subscriber kedua Youtuber. Jadi, kolaborasi akan menguntungkan kedua Youtuber tersebut.

8. Bangun interaksi dengan netizen

Salah satu keunggulan media sosial dibandingkan produk media konvensional adalah media sosial memungkinkan komunikasi dua arah. Karena itu, jika Anda memutuskan untuk menjadi Youtuber pastikan untuk membuka kolom komentar bagi pemirsa dan pelanggan.

Meski membuka kolom komentar berisiko memberi “lahan” bagi komentar yang tidak membangun, tapi strategi ini bermanfaat untuk membangun engagement. Bagi mereka yang hendak berkiprah di dunia digital, membangun engagement merupakan syarat mutlak.

9. Mendaftar di Google Adsense untuk mendapatkan pemasukan dari iklan

Agar dapat menghasilkan uang dari konten yang ada di kanal Youtube, Anda harus mengikuti program afiliasi Google Adsense. Secara sederhana, ini berarti Anda mendaftar sebagai penyedia konten yang menjadi mitra Google dalam menayangkan iklan. Dengan terdaftar di program afiliasi, Anda berhak untuk mendapatkan sekian persen dari pendapatan iklan yang dikantongi Google.

Tentu, ada persyaratan yang harus Anda penuhi untuk dapat terdaftar sebagai mitra di program afiliasi Google. Seperti, usia kanal Anda, jumlah subscriber di kanal Anda, serta durasi waktu views yang sudah berhasil dikantongi kanal Anda. Untuk mengetahui secara pasti apa saja persyaratan yang berlaku saat ini, Anda dapat mengecek langsung ke situs Google.

Semoga kini kamu semakin mantap merintis jalan menuju Youtuber sekaligus travel blogger sukses. Semangat dan semoga sukses!

Exit mobile version