Inspirasi dan Motivasi Dari Bankir Ternama

Spesifikasi Buku :

Judul : Be An Optimist
Penulis : B. Heri Yulianto
Tebal : 248 Halaman
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Cetakan Pertama : 2016
ISBN : 978-602-02-845-14

Menjadi seorang bankir sebelum adanya krisis ekonomi dan mendapat tantangan untuk tetap tumbuh di saat krisis melanda, serta menjadi besar pasca krisis, merupakan sebuah proses luar biasa yang butuh kegigihan dalam melampaui tahapan demi tahapan proses tersebut. Kerja keras, dedikasi tinggi, dan disiplin adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan agar mampu mencapai kesuksesan di tengah terpaan ekonomi yang sangat mempengaruhi industri perbankan. DR Rudjito adalah seorang bankir profesional yang telah membuktikan bahwa ia mampu tampil saat negara dalam krisis ekonomi, dan mampu besar setelah krisis melanda.

Melalui buku “Be An Optimist” yang ditulis oleh B Heri Yulianto, terukir jelas bagaimana seorang Rudjito menjadi guru yang memberikan banyak pencerahan bagi para bankir di Indonesia. Hasil dari jerih payah mantan Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini tidak diragukan lagi, tercermin dari kinerja keuangan tahun 2000-2005, dia sempat membawa perusahaan menjadi BUMN of The Year dan menjadi bank yang go public. Di tengah lesunya perekonomian saat itu, BRI di bawah kepemimpinannya terus meningkatkan akselerasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).
Buku ini juga mengupas banyak tentang pemahaman dan peranan Rudjito di industri perbankan serta manajemen bisnis keuangan, hingga Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Asmawi Syam mengatakan bahwa Rudjito adalah guru yang baik, peletak kemajuan BRI yang pantas digugu lan ditiru, tut wuri handayani. Sebagai seorang guru, Rudjito tidak saja berpedoman pada motto hidupnya untuk terus banyak kerja, namun juga banyak bicara. Dengan begitu akan ditemukan banyak hasilnya. Pandangan hidup seperti inilah yang menjadikannya layak disebut sebagai seorang bankir aspirasional selain sebagai motivator yang mau mendengar dan memperhatikan setiap permasalahan.
Selain mengulas kiprah Rudjito di dunia perbankan, buku ini juga menguak kepribadiannya dalam menjalin relasi, berinteraksi dengan anak buah, pergaulan sosial dengan masyarakat, serta peranannya di tengah-tengah keluarga. Semua testimoni dan pandangan dari para kenalan, sahabat, dan keluarga Rudjito, menjadi bagian yang tidak terpisahkan di buku ini, sebagai cerminan elok dari pria yang memiliki integritas tinggi ini. Buku ini juga mengajak pembaca untuk memiliki pendidikan akhlak dan nilai spritual seperti yang dimiliki Rudjito. Usaha yang keras diberengi akhlak budi pekerti yang mengandung nilai-nilai agama, akan melahirkan sosok pimpinan yang jujur dan amanah.
Buku ini merupakan impian Rudjito sejak beberapa tahun sebelum dirinya dipanggil ke haribaan Yang Maha Kuasa pada tanggal 24 September 2015. Buku ini sangat layak dibaca oleh para insan bisnis, perbankan, dan bagi yang concern dengan dunia manajemen. Kebijakan-kebijakan bisnis yang tertulis di buku ini, sangat cocok diterapkan oleh para eksekutif yang membutuhkan inspirasi dalam mengelola perusahaan. B. Firman