Kenali Banyaknya Manfaat dari Berasuransi

    Asuransi merupakan salah satu bagian dari konsep manajemen risiko secara keseluruhan. Asuransi sarana paling penting sebagai bentuk mekanisme pengalihan risiko atau transfer of risks. Asuransi juga merupakan dasar dari alternatif pengembangan manajemen risiko.

    Asuransi memberikan ketenangan dan rasa aman kepada masyarakat atas risiko-risiko yang mungkin terjadi dan mengakibatkan kerugian masyarakat. Keberadaan asuransi akan memberikan perlindungan dan menjamin harta benda yang dimiliki oleh individu atau perusahaan dari ancaman risiko yang mengakibatkan kerugian atau kerusakan yang mungkin terjadi. Asuransi ada untuk memperlancar dan melindungi segala kegiatan masyarakat.

    Demikianlah sekelumit manfaat adanya mekanisme asuransi di tengah-tengah masyarakat, di antara banyaknya nilai positif asuransi yang diungkap oleh Reza Ronaldo dalam bukunya yang berjudul The Benefit of Insurance. Penulis merupakan praktisi asuransi yang memiliki pengalaman lebih dari 24 tahun berkiprah di industri manajemen risiko.

    Melalui buku ini, penulis berharap dapat lebih meyakinkan masyarakat bahwa banyak manfaat dari asuransi sebagai cara alternatif melakukan proteksi atas risiko yang dihadapi, agar terhindar dari kerugian yang lebih dalam. Sekaligus memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Melalui buku ini juga, masyarakat diharapkan dapat memahami produkproduk asuransi dan semakin sadar dengan adanya risiko, perlu selalu waspada dan prudent dalam menjalankan seluruh aktivitas yang dilakukan.

    Buku ini menjabarkan secara komprehensif bagi pembaca untuk dapat memahami konsep risiko, pengertian asuransi, fungsi asuransi, dan manfaat asuransi, hingga kapan asuransi itu dibutuhkan. Dan tentunya sangat relevan dengan usaha industri asuransi dalam meningkatkan tingkat literasi dan inklusi perasuransian di Indonesia. Karena hasil survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2016 menyebutkan bahwa literasi masyarakat Indonesia terhadap asuransi masih rendah, yaitu hanya 12,1 persen.

    Selain itu, buku ini juga memberikan solusi kepada para pengguna jasa asuransi untuk dapat memahami dan memilih proteksi asuransi sesuai kebutuhannya. Karena pemahaman yang baik tentang karakteristik masing-masing produk sangat penting, agar pengguna jasa asuransi dapat membeli produk sesuai dengan kebutuhannya, baik secara pribadi, maupun untuk keperluan suatu organisasi perusahaan.

    Buku ini laik bagi pembaca dari berbagai kalangan. Selain dari praktisi, juga dari kalangan akademisi, swasta, pemerintahan, maupun masyarakat luas sebagai panduan edukasi terkait manajemen risiko. Materi yang disajikan dalam buku ini sangat komprehensif dan mencakup berbagai aspek terkait. B. Firman