Kiat Manjadikan Perusahaan yang Tangguh

Dewasa ini lingkungan dunia usaha sedang mengalami transformasi yang sangat besar yang ditandai oleh dahsyatnya gelombang globalisasi. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini menciptakan sebuah pergeseran dari masyarakat industrial menuju masyarakat informasi. Di era globalisasi ini, tiap perusahaan senantiasa berjuang mengembangkan strategi mutakhir untuk berlomba memenangkan persaingan usaha, dengan merambah pangsa pasar yang lebih dominan ke arah pencapaian target tingkat profitabilitas maksimal.
Dalam rangka menghadapi persaingan yang begitu ketat seperti saat ini, tentunya perusahaan benar-benar harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan kekuatan dan strategi dalam mendapatkan market serta ketahanan dalam menghadapi arus globalisasi. Semua itu tentunya dengan manajemen perusahaan yang terintegrasi yang meliputi pengaturan internal yang baik, manajemen risiko yang memadai, dan tata kelola yang terarah.

Spek Book

Terkait konsep menciptakan bisnis andal tersebut, telah hadir sebuah buku yang berjudul Manajemen Bisnis Terintegrasi. Buku ini mengulas
enterprise risk management sebagai suatu proses sistematis dan berkelanjutan, yang dirancang dandijalankan oleh manajemen untuk memberikan keyakinan bahwa semua risiko yang berpotensi menghambat target perusahaan diidentifikasi dan dikelola sedemikian rupa, sesuai dengan tingkat risiko yang dihadapi oleh perusahaan. Manajemen bisnis terintegrasi (secara empiris) terbukti mampu menciptakan nilai tambah bagi keberlanjutan bisnis dan keunggulan kompetitif perusahaan.
Dalam buku ini, penulis juga mengulas tentang perpaduan antara manajemen risiko, menajemen strategis, pengendalisan internal, pengendalian manajemen, dan tata kelola yang didukung oleh fungsi audit internal dan menjadi fokus utama manajemen. Selain itu dibahas mengenai upaya membangun budaya sadar risiko untuk menciptakan nilai tambah ekomi di suatu perusahaan.
Buku ini ditulis oleh seorang akademisi yang menjadi tenaga pengajar di beberapa sekolah tinggi di Jakarta, diantaranya Universitas Katholik Atma Jaya, Trisakti School of Management. Dengan pengalaman tersebut, tentunya penulis sangat memahami persoalan manajemen dalam suatu perusahaan.
Ditulis dengan metoda skema, gambar, dan data-data sehingga buku ini sangat mudah untuk dipahami. Buku ini sangat layak dibaca oleh para CEO atau pimpinan perusahaan yang sedang dalam proses pengembangan suatu perusahaan. B. Firman