Lima Aksi Wajib Dalam Menjalankan Bisnis

     Seorang pebisnis atau eksekutif yang berkarier dalam industri tertentu, adakalanya mengalami satu kondisi yang menjemukan. Saat itu pola pikir akan mentok tanpa gagasan, inovasi, dan strategi seakan terhenti atau merasa kehilangan arah dalam menggerakkan perusahaan. Kondisi seperti ini sangat berbahaya terhadap keberlangsungan kinerja perusahaan. Butuh satu motivasi serta langkah-langkah konkrit untuk melawan kondisi serta situasi tidak menguntungkan itu karena dapat mempengaruhi jalannya bisnis.

     Seorang pengusaha atau karyawan sukses ibarat grandmaster di bidang catur, yang semestinya memiliki visi jelas dalam menganalisa setiap perjalanan bidak catur yang berada di depan mereka. Setidaknya dalam lima langkah bidak ke depan, ia harus memahami kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Dengan kemampuan memahami langkah-langkah tersebut, mereka dapat mengantisipasi apapun kondisi yang akan terjadi.

    Untuk memahami langkah-langkah yang akan diambil tersebut, telah hadir sebuah buku panduan praktis, khususnya bagi para pengusaha untuk berpikir lebih jernih demi mencapai tujuan bisnis yang dijalankan, serta agar bisa lebih berani lagi dalam melewati tantangan. Buku ini berjudul ‘Your Next Five Moves:  Master the Art of Business Strategy’ yang ditulis seorang pemilik saluran YouTube ternama bagi para entrepreneur, dengan nama akun Valuetainment.

    Dia adalah Patrick Bet-David seorang pengusaha startup yang sukses, CEO PHP Agency Inc, serta penulis baru yang sangat bersemangat dalam membentuk generasi untuk menjadi pemimpin berikutnya, dengan mengajarkan sebuah perspektif yang memancing pemikiran tentang kewirausahaan. Sebagai pemikir kritis alami, Patrick mengambil ide kepemimpinan, manajemen, dan kewirausahaan yang kompleks dan mengubahnya menjadi pelajaran hidup sederhana untuk wirausahawan hari ini dan masa depan.

  Dalam buku ini, penulis menjabarkan pengalaman serta kunci kesuksesannya menjadi rangkaian metodologi berharga yang dapat diterapkan oleh para karyawan berkeinginan tinggi untuk menggapai kinerja tinggi di semua tingkat bisnis.
 
   Ada lima langkah yang sangat ditekankan dalam buku ini. Pertama, kejelasan tentang apa yang Anda inginkan dan ingin menjadi siapa. Kedua, strategi yang akan membantu Anda bernalar saat di lapangan atau saat bersama stakeholders. Ketiga, taktik atau strategi agar dapat selalu tumbuh, baik dalam kondisi normal, atau kondisi yang buruk. Keempat, keterampilan membangun tim secara tepat berdasarkan nilai-nilai yang kuat. Dan kelima, wawasan tentang permainan kekuasaan serta seni menerapkan eksistensi diri dalam berbisnis.
 
    Lima langkah yang terkandung dalam buku ini, sangat layak dibaca oleh para eksekutif, ahli strategi, atau pengusaha yang serius.   B. Firman