Membaca Kisah Inspiratif dari 5 Anak Bangsa

Inspirasi, itulah yang akan Anda dapatkan saat membaca buku semi-autobiografi ‘25 Tahun Prudential Indonesia: Berkarya dalam Cinta’. Buku ini merangkum semangat Prudential Indonesia yang diwujudkan selama 25 tahun perjalanan dan diceritakan melalui kisah perjuangan hidup lima tokoh inspiratif terkemuka, yaitu Susi Pudjiastuti (mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia), Yenny Wahid (Founder Wahid Institute & Komisaris Garuda Indonesia), Najwa Shihab (Presenter dan Founder Narasi TV), Jonathan Sudharta (CEO dan Co-founder Halodoc), Mira Lesmana (Sutradara dan Founder Miles Films).

Ini merupakan sebuah buku yang bercerita mengenai bagaimana 5 orang anak bangsa tersebut mewujudkan impiannya dan kemudian menginspirasi orang lain. Misalnya, Susi Pudjiastuti menulis, “Orang yang sukses bukanlah selalu orang yang pintar saja, namun mereka adalah orang yang gigih dan tidak pernah menyerah. Kunci untuk meraih mimpi dan kesuksesan adalah dengan berkomitmen pada apa yang kita kerjakan”.

Ketika mengalami kegagalan, kita perlu membaca bagaimana Mira Lesmana menolak untuk menyerah. Ada kalanya film yang dia hasilkan, ternyata kurang mendapat respons dari masyarakat. “Padahal energi dan modal yang dikeluarkan sudah cukup besar. Dalam momen itu saya sebagai produser film tentu saja merasa sedih. Namun itulah kenyataan yang harus saya terima. Kenyataan yang tidak boleh membuat saya berhenti. Saya hanya harus mencoba lagi dan lagi”.

Sementara itu Jonathan Sudharta menulis, “Memahami masalah utama yang ada dalam bidang yang kita garap adalah dasar dari pengambilan keputusan yang tepat. Di mana ada masalah, di situ ada peluang untuk menciptakan solusi. Ini berlaku pada semua start up; baik Traveloka, Uber, maupun Gojek. Itulah ‘jiwa’ dari eksistensi setiap start up yang hanya eksis jika ada masalah (market pain). Kalau tidak ada problem, tidak akan bisa berjalan”.

Presiden Direktur Prudential Indonesia, Jens Reisch, dalam pengantar buku ini menyebut bahwa 5 orang tokoh itu memiliki keinginan besar untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik, serta memiliki semangat tinggi untuk mewujudkannya. “They’re doing good for humanity and they inspire others to do the same. Mereka adalah pribadi-pribadi yang menarik dan mengusung nilai-nilai yang sejalan dengan apa yang kami percaya dan terapkan di Prudential Indonesia,” tulis Jens. 

Pendiri Rumah Perubahan, Rhenald Kasali, dalam pengantar buku ini menulis bahwa membaca kisah inspiratif tokoh-tokoh ternama Indonesia selalu mengasyikkan. Apalagi mereka yang selalu menghiasi hari-hari kita. Dulu mereka menghiasi media cetak, lalu televisi. Tetapi kini mereka menghiasi media sosial yang jauh lebih dekat dengan keseharian kaum muda.

Jadi temukan inspirasi dari 5 tokoh ini dalam mewujudkan mimpinya untuk melihat Indonesia lebih baik. S. Edi Santosa