Menyadari Peran Pialang Asuransi Terhadap Ekonomi Negara

Keberadaan industri asuransi di suatu negara dipercaya ikut mewarnai kestabilan perekonomian nasional. Selain itu, peranan bisnis ini juga dapat mencegah gejolak keamanan yang dapat mempengaruhi kondisi politik negara tersebut. Dalam tatanannya, kestabilan perekonomian suatu negara akan tercapai bila didukung oleh kestabilan usaha dari sektorsektor terkait. Industri asuransi merupakan bisnis jasa keuangan yang peranannya tidak dapat diabaikan dalam mewujudkan peningkatan kualitas ekonomi suatu negara. Pengelolaan dana asuransi tentunya memberikan bisnis timbal balik, baik dengan bisnis perbankan maupun bisnis keuangan lainnya.
Dalam pelaksanaan bisnis asuransi tersebut, hadir sebuah elemen penting yang menempati fungsinya secara profesional untuk meningkatkan nilai-nilai yang berkenaan dengan aktivitas ini, baik secara kualitas dalam proses berjalannya industri asuransi ini, maupun kuantitas yang diperoleh dalam meraup laba dari sisi bisnisnya. Elemen tersebut adalah keberadaan broker asuransi atau yang biasa disebut dengan pialang asuransi. Artinya pialang asuransi memiliki peran besar dalam mendukung ketenangan masyarakat melalui pengelolaan risiko dengan metode asuransi yang dijalankan oleh perusahaan-perusahaan industri perasuransian dan dipercaya sebagai penyokong perekonomian nasional.
Untuk mengenal lebih jauh peranan dan fungsi pialang asuransi dalam kancah perekonomian negara, telah hadir sebuah buku yang ditulis Sri Hadiah Watie, sosok wanita yang memiliki pengalaman puluhan tahun di dunia perasuransian, baik di industri asuransi maupun sebagai pialang. Buku yang diberi judul Peran Pialang Asuransi Dalam Mendukung Perekonomian Nasional ini juga membahas pentingnya membangun sumber daya yang bekerja di dunia pialang asuransi, sehingga memiliki kompetensi tinggi. Tidak saja dari sisi teknikal, melainkan juga memiliki nilai moral.
Dalam buku ini, penulis dengan cermat menjelaskan saluran distribusi yang memang memegang berperan penting dalam mendorong berkembangnya sektor asuransi. Dalam hal ini, pialang asuransi dapat menjalankan perannya secara profesional, tidak saja sebagai perantara antara nasabah dan perusahaan asuransi, namun juga sebagai pendidik bagi masyarakat untuk meningkatkan pemahamannya mengenai asuransi, baik secara kelembagaan maupun yang terkait dengan produk yang dipasarkan.
Buku ini sangat tepat dibaca oleh insan perasuransian yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana membangun paradigma bahwa semakin kencang roda perekonomian satu bangsa, maka semakin dibutuhkan keberadaan industri asuransi. Dan di situ pula eksistensi pialang asuransi diakui. B. Firman

%d bloggers like this: