Persiapan Menghadapi Hidup Normal Baru Pasca Covid-19

      Krisis kesehatan yang terjadi selama pandemi Covid-19 telah memicu serangkaian perubahan yang telah mempengaruhi berbagai tatanan kehidupan masyarakat. Pandemi virus corona bukan hanya berdampak pada sektor kesehatan, tetapi juga mengakibatkan perubahan tatanan ekonomi dan sosial secara luas. Berbagai upaya mencegah penularan, seperti stay at home, social distancing, work from home, dan larangan pengumpulan massa, telah mengubah kehidupan masyarakat. Banyak hal baru yang mau tidak mau, senang tidak senang, mesti kita lakukan.

     Semua pasti berharap setelah pandemi berakhir, kehidupan akan kembali normal seperti sedia kala, seperti sebelum pandemi dan menjalani kehidupan seperti dahulu. Namun, untuk bisa kembali normal seperti yang
diharapkan bukan hal yang mudah. Ketahuilah dunia tak akan pernah lagi sama setelah pandemi virus corona berlalu.

   Covid-19 ini telah mengubah tatanan kehidupan manusia. Banyak perubahan yang akan terus dipertahankan setelah krisis. Itulah yang disebut dengan The Next Normal. What will the next normal look like? Diantaranya kebangkitan low touch economy, waktu yang akan lebih banyak dihabiskan di rumah, meningkatnya kesadaran kebersihan dan kesehatan, meningkatnya keterlibatan teknologi digital, dan masih banyak lagi.

     Pertanyaannya, bagaimana tatanan kehidupan The Next Normal? Apa saja perubahan-perubahan yang terjadi pada The Next Normal? Apa yang harus diri, keluarga, perusahaan, dan institusi kita lakukan? Apa usaha yang tepat yang bisa kita kembangkan? Bagaimana cara yang tepat mengembangkan usaha kita selama The Next Normal? Bagaimana cara bertahan, tumbuh, dan melompat jauh lebih tinggi selama dan pasca pandemi?

     Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, telah hadir sebuah buku yang ditulis oleh seorang dokter muda, inovator kesehatan, wirausaha sosial, serta inspirator kebanggaan Indonesia yang meraih puluhan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Dia adalah dr Gamal Albinsaid MBiomed, penggagas Garbage Clinical Insurance, yaitu asuransi kesehatan mikro yang menggunakan sampah sebagai sumber pembiayaan.

      Buku ini berusaha menjawab pertanyaan para pemimpin di berbagai sektor, baik pemerintah, dunia usaha, maupun sektor sosial tentang apa saja perubahan yang akan terjadi dan membantu menyusun rencana dan aksi yang tepat untuk melakukan sesuatu selama dan setelah pandemi. The Next Normal berbicara tentang masa depan. Akan banyak perubahan besar yang sangat masif. Masa yang sangat jauh berbeda dengan hari ini. Tapi itu akan berlangsung cepat.

     Buku ini akan mencoba mengkaji hal-hal di tingkat makro, yakni masyarakat berpikir tentang perubahan-perubahan fundamental yang terjadi dan saling berhubungan pada sistem kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sosial. Selain itu buku ini juga membahas perubahan apa saja yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di tingkat mikro.

     Penulis berharap buku ini dapat membantu pembaca memprediksi ekosistem seperti apa di depan, dan membantu menyiapkan diri, keluarga, organisasi, dan perusahaan anda untuk bisa survive dan tumbuh selama krisis. B. Firman

%d bloggers like this: