Persiapkan Kondisi Terbaik Dalam Ketidakpastian Masa Depan

        Pada tahun 2000, tidak ada satupun yang dapat meramal dengan pasti betapa besarnya peranan telepon seluler dan berapa banyak penjualannya di tahun 2020. Sama halnya dengan ramalan mengenai kondisi perekonomian, pergerakan suku bunga, ataupun biaya hidup untuk beberapa tahun ke depan. Tidak ada yang dapat menebak secara pasti. Namun begitu, ada sebagian konsultan dan penasehat keuangan, dengan percaya diri memberikan informasi dan tutorial mengenai planing keuangan berdasarkan analisa pribadi.

       Memang, dalam beberapa kasus sebagian ketidakpastian dapat teratasi. Tabel aktuaria dalam industri asuransi misalnya, ditunjang dengan perkiraan-perkiraan yang bersifat gambling, perpaduan keduanya menghasilkan sebuat teori yang disebut juga dengan probabilitas. Namun tidak jarang prediksi-prediksi para pakar tidak sesuai dengan kenyataan. Sebagian besar situasi melibatkan jenis ketidakpastian yang lebih dalam, yang data historisnya tidak memberikan panduan berguna untuk hasil di masa depan. Ketidakpastian tentang sebuah kondisi yang faktor penentunya kurang dipahami sehingga menjadi probabilitas yang sulit diperkirakan. Sedangkan manusia membutuhkan narasi yang kuat yang menghasilkan kepercayaan diri untuk mengelola ketidakpastian.

        Untuk menangani permasalahan tersebut, telah terbit sebuah buku “Radical Uncertainty: Decision-Making Beyond the Numbers” yang ditulis oleh dua ahli terkemuka dalam bidang ekonomi, sebagai peringatan agar tidak terjebak dalam kondisi ketidakpastian. Dia adalah John Kay yang pernah menduduki beberapa posisi akademik dan penasihat ekonomi terkemuka di Inggris, dan Mervyn King yang telah menyelesaikan karirnya
sebagai Gubernur di Bank of England selama 10 tahun serta berpengalaman dalam menghadapi beberapa krisis keuangan global.

          Buku ini memberi informasi penting terkait pengetahuan standar dalam memprediksi serta memahami ketidakpastian dalam ekonomi serta disiplin ilmu terkait, yang ditunjang oleh daftar komprehensif dengan probabilitas numerik yang jelas. Buku ini layak dibaca para pebisnis yang ingin belajar ilmu analisis probabilistik dalam kasus-kasus tertentu.

        Analisis ini biasanya sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan yang cepat dan tepat di saat kondisi penting. Sebab, jika dalam kondisi tertentu terjadi pengambilan keputusan yang salah, tentu akan memberikan dampak negatif di masa mendatang. Analisis probabilitas dapat mengubah kebijakan berbasis bukti menjadi bukti berbasis kebijakan. B. Firman