OJK Rilis Aturan Laporan Berkala bagi Broker dan Adjuster

Media Asuransi – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan Surat Edaran bernomor 25/SEOJK.05/2020 tentang Bentuk dan Susunan Laporan Berkala Perusahaan Pialang (Broker) Asuransi, Perusahaan Pialang Reasuransi, dan Perusahaan Penilai Kerugian Asuransi (Adjuster).

SEOJK yang diteken oleh Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Riswinandi pada 22 Desember 2020 tersebut berlaku sejak tanggal diterbitkan dan sekaligus mencabut dua ketentuan sebelumnya.

OJK Keluarkan Peraturan Perpanjangan Kebijakan Stimulus Covid-19

Adapun materi pokok dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan tentang Bentuk dan Susunan Laporan Berkala Perusahaan Pialang Asuransi, Perusahaan Pialang Reasuransi, dan Perusahaan Penilai Kerugian Asuransi (SEOJK Laporan Berkala Penunjang) adalah sebagai berikut:

1. Ketentuan umum, menjelaskan tentang definisi istilah yang digunakan dalam SEOJK Laporan Berkala Penunjang;

2. Bentuk Dan Susunan Laporan Berkala Bagi Perusahaan Pialang Asuransi, Perusahaan Pialang Reasuransi, Dan Perusahaan Penilai Kerugian Asuransi, menjelaskan mengenai format penyusunan dan laporan yang termasuk Laporan Berkala Penunjang;

3. Tata Cara Penyampaian Laporan, menjelaskan mengenai tata cara dan mekanisme penyampaian berbagai laporan yang termasuk Laporan Berkala Penunjang;

4. Ketentuan Penutup, menjelaskan mengenai tanggal mulai berlaku SEOJK Laporan Berkala Penunjang dan pencabutan SEOJK terkait dengan terbitnya SEOJK Laporan Berkala Penunjang.

Adapun detail peraturan tersebut dapat dilihat dalam lampiran di bawah ini:

seojk 25 - 05 - 2020