Wisuda APARI Optimistis Kaderisasi Berjalan Baik

Asosiasi Ahli Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APARI) mewisuda lebih 100 orang anggotanya yang mendapatkan gelar profesi tingkat APAI dan CIIB di Solo, Jawa Tengah, 22 Juli 2016. Sebelum wisuda dilangsungkan, acara seminar dengan tiga pembicara diselenggarakan sehari sebelumnya. Berikut laporannya.

Apa yang membuat Ketua Umum Asosiasi Ahli Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APARI) merasa optimistis dengan asosiasi ahli pialang asuransi ini ke depannya? Ketua Umum APARI Wunwun Mauludi mengungkapkan optimismenya terhadap kaderisasi di asosiasi ahli pialang asuransi ketika memberikan sambutan dalam gala dinner yang diselenggarakan menjelang seminar dan wisuda pemberian gelar profesi pialang asuransi. APARI memang menyelenggarakan acara seminar dan wisuda pemegang gelar profesi di Solo, Jawa Tengah, 21-22 Juli 2016.
Menurut Wunwun Mauludi, dirinya merasa optimsitis bahwa kaderisasi APARI di masa mendatang dapat berjalan baik. “Karena saya melihat bagaimana teman-teman yang lebih muda ini, yang berasal dari berbagai perusahaan pialang asuransi dan reasuransi, berusaha bersama sekuat tenaga untuk menyelenggarakan acara seminar dan wisuda di luar Jakarta,” katanya.
Tentu saja, sekitar 150 yang hadir dalam acara gala dinner bertepuk tangan Ketua Umum APARI tersebut. Selain para wisudawan dan wisudawati, hadir dalam acara tersebut tamu undangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta, OJK Solo, Kementerian Pariwisata Jakarta, Asosiasi Perasuransian, Dewan Pengawas APARI, Dewan Pengurus APARI, dan dari kalangan pers serta undangan lainnya.
Setelah gala dinner, esok paginya yaitu 22 Juli 2016, diadakan seminar dengan pembicara –yang akan dinilai untuk menambah Satuan Kredit Profesi (SKP) bagi para ahli pialang asuransi dan reasuransi yang menghadiri acara tersebut. Tiga pembicara seminar dari pagi sampai sore pada 22 Juli 2016 tersebut adalah Direktur Pemasaran PT Asuransi Jasaraharja Putera dengan topik “Surety Bond”, Tuko Srimulyo, Spesialis Jantung & Pembuluh Darah, RS Hermina Solo (“Healthy Lifestyle”) dan Benk Mintosih, Wakil Ketua Perhimpunan Hotel RI Jawa Tengah, yang juga GM Star Hotel Semarang (“Customer Service dalam Industri Kreatif”).
Acara puncak yang diselenggarakan oleh APARI di Solo tersebut adalahpada 22 Juli 2016 malam, yaitu wisuda bagi lulusan Program Pendidikan Pialang Asuiransi dan Reasuransi yang diselenggarakan oleh APARI. Lulusan program pendidikan tersebut ada tiga angkatan, yaitu lulusan wisudawan dan wisudawati APAI Angkatan XVIII 2015 sebanyak 40 peserta, APAI Angkatan XIX sebanyak 65 peserta, dan CIIB Angkatan IX 2016 Sebanyak 67 peserta. Wisudawan dan wisudawati yang hadir dalam prosesi wisuda tersebut ada 104 orang. Prosesi wisuda tersebut dihadiri oleh Ketua Umum APPARINDO Nanan Ginanjar, Ketua Umum APARI, dan Direktur Jasa Penunjang IKNB OJK Tattys Miranti Hedyana.
Wisuda APARI sebagai pemberian gelar profesi pialang asuransi dan reasuransi di Indonesia tampaknya akan semakin penting. Karena ke depannya gelar profesi ini akan memperoleh pengakuan secara nasional maupun internasional. Apalagi sekarang ini sudah ada Lembaga Sertifikasi Profesi Perasuransian Indonesia (LSPPI), yang diketuai oleh Ian Ramelan, yang juga Ketua I APARI. Mucharor Djalil