Anak Muda Juga Butuh Asuransi

Oleh: Agnes Marcella*

Sebagai generasi muda penerus bangsa, menyiapkan segala kebutuhan untuk di masa depan sangatlah penting. Siapkan karier di masa depan, tabungan untuk masa depan, rancangan kehidupan di masa depan, dan tentunya asuransi bagi masa depanmu sendiri.

Semua impianmu tidak boleh terlewat begitu saja dan mesti dirancang dari sekarang, begitu juga dengan asuransi, karena kita tidak akan pernah tahu masa depan kita akan seperti apa nantinya. Dengan memiliki asuransi sejak dari dini, kalian bisa melihat masa depan yang terarah, penuh dengan back-up dan jaminan baik.

Asuransi bukan hanya ditujukan bagi yang sudah berkeluarga, atau hanya untuk lembaga atau organisasi saja, anak muda juga butuh. Semua bisa memiliki jaminan utuh untuk hidupnya di masa depan.

Bayangkan jika di masa depan kamu tiba-tiba membutuhkan dana darurat untuk kesehatan atau pendidikanmu, tetapi kondisi keuanganmu sedang tidak memungkinkan? Mau pinjam siapa pula? Pasti kalang kabut karena tidak ada jaminan selama ini.

Butuh dana banyak, sudah pasti susah mendapatkannya secara instan. Beda halnya jika kamu telah memiliki asuransi sejak dahulu kala, tentu saja semuanya sudah tersiapkan dengan baik, termasuk dana darurat.

Butuh dana darurat? Sakit mendadak? Ingin lanjut pendidikan? Mengalami kerugian mendadak? Kamu tidak perlu takut lagi, tenang saja, kan ada asuransi. Kamu bisa langsung ‘mendaftarkan diri’ di beberapa lembaga asuransi terpercaya di Indonesia. Lakukan riset, cari informasi mengenai program yang mereka tawarkan, mantapkan diri, lalu apply deh.

Beberapa perusahaan asuransi juga mulai menawarkan program asuransi yang khusus ditujukan bagi anak muda loh. Berikut beberapa jenis asuransi yang bisa dijadikan pilihanmu sebagai anak muda untuk jaminan masa depan:

Asuransi Jiwa

Asuransi yang memberikan jaminan dana untuk masa depanmu, sangat cocok bagi kamu yang menjadi tulang punggung keluarga atau kamu yang sudah mulai fokus memikirkan masa depan keluargamu.

Asuransi Kesehatan

Dari namanya, sudah pasti asuransi ini sangat berguna untuk pendanaan kesehatanmu. Kesehatan adalah suatu hal yang sangat penting dan mahal harganya. Lebih baik prepare dari sekarang sebelum menyesal nantinya.

Asuransi Jiwa Kredit

Asuransi ini sangat cocok bagi kamu yang sering melakukan pembayaran kredit seperti rumah, kendaraan bermotor, atau gadget. Dengan mendaftar asuransi jiwa kredit, kamu telah menjamin kreditmu di masa depan jika sewaktu-waktu terdapat hal buruk menimpamu.

Asuransi Umum

Asuransi jenis ini berguna untuk menggantikan kerugian yang kamu alami. Jika kamu seorang pengusaha yang sedang merintis, maka asuransi umum sangat cocok kamu pilih sebagai jaminan masa depanmu. Sangat cocok untuk melindungi asset-aset berharga seperti bangunan, kendaraan bermotor, kebakaran, perjalanan, rekayasa, pengiriman, dan aneka jenis lainnya.

Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kalian yang belum memiliki usaha, untuk ikut mendaftar asuransi jenis ini. Asuransi umum yang biasanya digunakan anak muda adalah asuransi kerusakan untuk gadget-nya seperti handphone atau laptop. Ketika membeli gadget tentu kamu akan diberikan garansi asuransi 1 tahun untuk kerusakan barang yang kamu beli, ya itulah pentingnya asuransi.

Menyiapkan segala sesuatunya mulai sekarang merupakan cerminan kesiapanmu menuju masa depan, jika semuanya sudah jelas sejak dini, apalagi masa depanmu, sudah pasti terlihat cerah. Dengan asuransi, jaminan masa depanmu akan lebih tertata jelas, tak perlu lagi takut menghadapi keadaan darurat. Kamu lebih tenang dan bisa lebih fokus mengejar masa depanmu. Yuk, gabung asuransi mulai dari sekarang untuk masa depan yang lebih baik.

 

*Penulis adalah mahasiswa Jurusan Marketing Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Binus University.