Asuransi Penyakit Kritis dan Eksekutif Wanita

    Ketika awal Maret 2020 kami sedang mempersiapkan tema Cover Story atau Laporan Utama Edisi April 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan dua orang Indonesia yang terpapar atau positif Covid-19, yang bertempat tinggal di wilayah Depok, Jawa Barat. Virus Corona yang sebelumnya tidak masuk ke Indonesia, ternyata sejak 2 Maret 2020 sudah dinyatakan masuk ke wilayah negara yang kita cintai ini.

    Beberapa perusahaan asuransi jiwa (life insurance) menawarkan tambahan cover atau perlindungan risiko untuk Covid-19 ini. Mungkin
beberapa perusahaan asuransi jiwa tersebut menawarkan perluasan cover untuk Covid-19 karena produk asuransi kesehatannya berada di produk unitlink, yang merupakan produk asuransi yang digabung dengan investasi.

    Dalam Rapat Redaksi, kami memutuskan untuk mengangkat tema “Covid-19 dan Asuransi Penyakit Kritis: Ekspektasi Nasabah dan Rumah Sakit” sebagai Cover Story Media Asuransi Edisi April 2020. Cover Story Edisi April 2020 ini terdiri dari empat tulisan yang merupakan satu kesatuan. Pertama, Covid-19 dan Pentingnya Asuransi Penyakit Kritis. Kedua, Harapan Rumah Sakit Terhadap Kerja Sama dengan Perusahaan Asuransi. Ketiga, Harapan Nasabah atau Pasien Terhadap Asuransi. Dan keempat, eksekutif asuransi dan rumah sakit bicara mengenai asuransi kesehatan, khususnya mengenai asuransi penyakit-penyakit kritis.

    Memang banyak yang menanyakan mengenai apakah Covid-19 dijamin oleh asuransi? Bagaimana dengan pihak rumah sakit yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi? Bagaimana pula pengalaman pasien-pasien yang mempunyai polis asuransi kesehatan dalam berhubungan dengan rumah sakit dalam menangani penyakit kritis? Kami mengemasnya dalam Cover Story untuk Anda, Pembaca. Tentu, harapan kita agar pandemi karena virus korona yang sedang melanda negeri tercinta ini dapat segera diatasi dan berakhir. Semoga Tuhan selalu memberkahi kita.

***

    Mungkin kata-kata ini sudah sering kita dengar: “Behind the successful man, there is a good woman”. Ini kata-kata Honore de Balzac, yang dikutip oleh penulis Mario Puzo dalam bukunya yang terkenal The Godfather.

   Tetapi, di Indonesia, banyak eksekutif wanita yang sukses menjalani kariernya, khususnya di industri asuransi. Banyak yang berhasil menduduki posisi puncak di perusahaan asuransi, baik jiwa maupun umum. Tak hanya karena posisi puncak yang diraihnya, tapi juga membawa sukses ketika industri asuransi menyelenggarakan event nasional maupun internasional, seperti Insurance Day, Top Agent Award, atau Indonesia Rendezvous – untuk menyebut beberapa kegiatan.

    Untuk Edisi April 2020 ini, kami dalam Rapat Redaksi memutuskan untuk menampilkan 12 eksekutif wanita asuransi yang terpilih menjadi Cover Media Asuransi. Di samping cover eksekutif wanita memang selalu menarik, Tim Redaksi juga menerapkan kriteria yang cukup ketat. Misalnya, perusahaan asuransi yang dipimpinnya mencetak laba dua tahun berturut-turut, atau menjadi ketua panitia yang membawa kesuksesan untuk event industri asuransi yang berskala nasional maupun internasional. Selamat menikmati sajian kami bulan April ini, yang di dalamnya ada Hari Kartini. Mucharor Djalil

%d bloggers like this: