1
1

Insurance Outlook 2019 Prospek Ekonomi, Perbankan, Multifinance dan Asuransi di Tahun Politik

     Dalam dua bulan lagi, tahun 2018 akan berakhir. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada semester pertama 2018 sekitar 5,1 persen. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menyentuh angka Rp15.000 per dolar. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) sedang mengalami penurunan, meskipun masih dalam batas yang belum mengkhawatirkan.

   Pada semester kedua 2018, meskipun belum seperti yang diharapkan, setidaknya pertumbuhan ekonomi diperkirakan sama atau lebih baik dari semester pertama 2018. Begitu juga di sektor perbankan, multifinance, dan asuransi pada semester kedua pertumbuhannya diperkirakan sama atau lebih tinggi dari semester pertama 2018.

    Dengan kondisi seperti itu, kita memasuki tahun 2019, yang merupakan Tahun Politik, di saat Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif berlangsung secara bersamaan. Sesuatu yang baru pertama kali terjadi sejak Indonesia merdeka pada Agustus 1945.

     Kegiatan politik lima tahunan yang menentukan kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif pada 2019, suka atau tidak suka mempengaruhi kegiatan bisnis asuransi di Tahun Politik yang akan datang. Seperti yang dikatakan oleh Ketua Umum Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dadang Sukresna, bahwa diperkirakan pada semester pertama 2019, pertumbuhan bisnis asuransi umum akan melambat. “Dan pada semester kedua 2019, bisnis asuransi umum akan tumbuh lebih tinggi,” katanya kepada Media Asuransi di tengah kesibukannya juga sebagai Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia dan eksekutif PT Asuransi Binagriya Upakara. Dia memperkirakan pertumbuhan industri asuransi umum pada 2019 sekitar 11-12 persen.

   Sementara itu, Ketua Bersama Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Maryoso Sumaryono memperkirakan pertumbuhan industri asuransi jiwa pada Tahun Politik 2019 sekitar 12-20 persen. Hal ini disampaikan oleh eksekutif asuransi jiwa yang sekarang menjadi Direktur Utama PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) kepada Media Asuransi.

     Sedangkan mengenai pertumbuhan industri asuransi syariah di Tahun Politik 2019, Ketua Umum Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) A Sya’roni mengatakan bahwa pertumbuhannya diperkirakan 10-11 persen. Hal ini disampaikan oleh eksekutif reasuransi yang sekarang menjadi Direktur Utama PT Reasuransi Syariah Indonesia (ReIndo Syariah) kepada Bedri Firman dari Media Asuransi.

    Tentunya, pertumbuhan industri asuransi –baik itu asuransi umum, asuransi jiwa, maupun asuransi syariah– tidaklah berdiri sendiri. Tetapi berkaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi, industri perbankan, maupun perusahaan pembiayaan (multifinance), serta pasar modal.

     Kami dalam Rapat Redaksi Media Asuransi mengangkat tema tahunan yaitu Insurance Outlook 2019 sebagai Cover Story Edisi November 2018. Dalam Cover Story, ada tujuh tulisan yang merupakan satu kesatuan. Pertama, Prospek Pertumbuhan Ekonomi 2019. Kedua, Prospek Asuransi Jiwa 2019. Ketiga, Prospek Asuransi Umum 2019. Keempat, Prospek Asuransi Syariah 2019. Kelima, Prospek Perbankan 2019. Keenam, Prospek Multifinance 2019. Dan ketujuh, Prospek Pasar Modal 2019.

      Harapan kami, sajian Cover Story ini dapat memberikan masukan yang berguna untuk menuju kepada kegiatan bisnis di Tahun Politik 2019.

      Di samping sajian Cover Story edisi cetak majalah Media Asuransi, juga kami unggah (upload) di edisi digital atau online di www.mediaasuransinews.co.id.

   Insurance Outlook 2019 juga merupakan seminar tahunan yang kami selenggarakan pada Selasa pagi, 27 November 2018 di hotel berbintang di kawasan Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Pembicara pada seminar setengah hari ini adalah eksekutif asuransi umum, asuransi jiwa, dan asuransi syariah. Dari luar industri asuransi yang sebagai pembicara adalah pakar ekonomi, bankir, dan eksekutif multifinance. Mucharor Djalil

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Modalku Raih Dua Penghargaan sebagai Inovator Teknologi Finansial Terbaik di Dunia
Next Post Ada Apa dengan Agro Bromo Anggrek?

Member Login

or