Market Leaders Asuransi Indonesia 2020

    Tidak mudah menjadi market leaders di industri asuransi Indonesia, baik itu asuransi jiwa maupun asuransi umum. Bahkan, ada perusahaan-perusahaan asuransi yang pernah menjadi market leaders, karena persoalan manajemen sehingga harus terpental dari kelompok 15 perusahaan asuransi jiwa terbesar dan 15 perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia.

    Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) melakukan kajian lebih dari 6 tahun sebelum memutuskan untuk mengumumkan mengenai perusahaan-perusahaan asuransi jiwa maupun asuransi umum yang menjadi market leaders. Bagaimana pun, sebagai perusahaan jasa keuangan, perusahaan asuransi dalam menjalan kegiatan bisnisnya harus memenuhi persyaratan yang ketat. Karena memang perusahaan-perusahaan asuransi ini menarik dana masyarakat yang disebut premi, sebagai imbalan menerima transfer risiko dari nasabah atau tertanggungnya. Dana yang berupa premi ini diinvestasikan oleh perusahaan-perusahaan asuransi untuk mempersiapkan kalau terjadi klaim atau tuntutan ganti rugi yang diajukan oleh nasabah atau tertanggung tersebut.

     LRMA melakukan kajian market leaders berdasarkan pendapatan premi bruto untuk asuransi umum dan pendapatan premi untuk asuransi jiwa per Desember 2019. Ada 69 perusahaan dari 72 perusahaan asuransi umum yang menjadi obyek kajian LRMA untuk ditempatkan pada posisi teratas sebagai penguasa pasar di industri asuransi umum. Kajian ini berpatokan pada premi bruto yang ditampilkan pada neraca publikasi tahun 2018-2019. Ada sebanyak 15 perusahaan umum yang berhasil menempati posisi teratas dalam riset ini yang menguasai 65,62 persen pasar asuransi umum.

    Sementara itu, 15 perusahaan asuransi jiwa yang menjadi market leaders, menurut kajian LRMA, diambilkan dari 50 laporan keuangan publikasi per Desember 2019 dari total 54 perusahaan asuransi jiwa. Sebanyak 15 perusahaan asuransi jiwa yang menjadi market leaders menguasai sebesar 79,71 persen pasar industri asuransi jiwa Indonesia selama 2019.

   Beberapa perusahaan asuransi yang menjadi market leaders yang dihubungi oleh Media Asuransi mengatakan bahwa pasar asuransi di tahun 2019 sudah terasa ketat persaingannya. Tapi yang menarik, dalam situasi Covid-19 saat ini, masih banyak eksekutif asuransi yang optimistis masih ada bisnis. Alasannya, justru karena kesadaran mengenai risiko meningkat, misalnya mengenai asuransi kesehatan. Sebagaimana diketahui, asuransi kesehatan bisa ditawarkan produknya oleh perusahaan asuransi umum dan perusahaan asuransi jiwa. Dan kelas menengah di Indonesia, meskipun ada yang tergerus, tapi masih banyak yang bisa bertahan di saat pandemi ini.

    Dalam Rapat Perencanaan Media Asuransi, kami memutuskan untuk mengangkat tema 30 Market Leaders Asuransi Indonesia sebagai Cover Story Edisi Agustus 2020. Tema ini memang merupakan Cover Story yang berdasarkan kajian dari LRMA tiap tahunnya sejak 2014.

     Cover Story Edisi Agustus ini terdiri dari empat tulisan yang merupakan satu kesatuan. Pertama, 30 Market Leaders Asuransi Indonesia. Kedua, 15 Market Leaders Asuransi Jiwa. Ketiga, 15 Market Leaders Asuransi Umum. Dan keempat, Eksekutif Asuransi Bicara Market Leader di Industri Asuransi Indonesia.

   Harapan kami, sajian edisi Agustus ini dapat menambah bahan informasi mengenai perusahaan-perusahaan asuransi yang menjadi market leaders dan masih bisa bertahan dalam kondisi seperti Covid-19 sekalipun. Selamat menikmati. Dan Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1442 H.  Mucharor Djalil