Dandy Yudhistira: Dalam Menjalani KarierJangan Selalu Melihat ke Atas

Sekalipun dibesarkan oleh orang tua yang berprofesi sebagai eksekutif asuransi, bukan berarti karier Dandy Yudhistira di pialang asuransi merupakan arahan sang ayah. Pria yang kini menjadi Direktur PAIB Insurance Brokers & Risk Consultants ini, memilih terjun ke industri perasuransian karena menilai bahwa industri ini banyak mengajarkan banyak hal. Untuk dapat berperan di industri pialang asuransi hingga saat ini, dia pun berusaha mandiri dalam perjalanan kariernya yang sudah dijalani selama 17 tahun, mulai dari tahun 2003.

Setelah lulus dari Faculty of Business and Law – Insurance & Electronic Commerce majors Deakin University, Melbourne, Australia, Dandy bergabung ke PT AON Indonesia sebagai perusahaan pertama baginya di industri ini. Tidak beberapa lama kemudian, dilanjutkan ke PT BGIB Insurance Brokers, dan setahun setelah itu bergabung ke PT Mitra, Iswara & Rorimpandey (MIR). Pada tahun 2013, pria kelahiran Jakarta 42 tahun silam ini mulai bekerja di PAIB Insurance Brokers hingga saat ini.

Di sela kesibukannya di perusahaan, Dandy juga aktif di beberapa kegiatan asosiasi pialang asuransi. Saat ini, dia menjabat sebagai Wakil Ketua Umum II APPARINDO yang mengepalai Departemen Hukum, Departemen Teknik, dan Departemen Hubungan Antar Lembaga (Hubala). Selain itu, juga mendapat amanah sebagai Ketua Departemen Organisasi Asosiasi Ahli Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APARI).

Soal filosofinya dalam bekerja, Dandy Yudhistira mengaku tidak terlalu memikirkan jabatan. Baginya melakukan sesuatu yang dapat dilakukan dengan amanah, adalah kunci utama dalam bekerja. Dandy mengatakan, apapun yang kita kerjakan dengan baik, pasti akan memberikan hasil yang sesuai. “Intinya saya lurus-lurus saja dalam berkarier. Tidak harus menjabat ini-itu. Jabatan itu sebenarnya adalah amanah, kalau tidak bijak mengembannya maka akan menjadi beban. Bahkan Ayah saya pernah berpesan, dalam hidup ini jangan selalu melihat ke atas, nanti tidak akan pernah puas. Jadi syukuri saja nikmat yang diberikan,” ungkap anak kedua dari 3 bersaudara ini kepada Media Asuransi beberapa waktu lalu.

Terkait dengan kondisi pandemi Covid-19, ayah satu putera dan satu puteri ini menyampaikan harapannya, perusahaan pialang asuransi dan reasuransi di Indonesia dapat melihat peluang untuk dapat bertahan. “Beradaptasi dan berinovasi supaya perusahaan pialang asuransi dan reasuransi dapat selalu bergerak maju dan manfaatnya dirasakan oleh tertanggung pemegang polis serta juga masyarakat, dan tetap berperan sebagai salah satu penyokong perekonomian nasional,” jelas putera dari Nana Sudiana Direktur Utama PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasionalre) periode 1999–2002 ini. B Firman