Asuransi untuk Atlet

Redaksi Yth,
Kabarnya pemerintah serius ingin memberikan pensiun kepada atlet yang meraih medali di Olimpiade Rio 2016. Mudah-mudahan ini bukan hanya yang dapat medali di olimpiade tahun ini, namun juga yang dapat medali di olimpiade sebelumnya maupun yang akan datang. Syukur-syukur jika pension itu juga diberikan kepada atlet yang dapat medali di Asian Games maupun SEA Games. Mengenai nilainya, seandainya berbeda tentu juga dimaklumi.
Memberikan pensiun rasanya memang lebih bermanfaat, dari pada hanya bonus di saat mereka berprestasi. Karena sudah banyak kita baca berita, para mantan atlet yang hidupnya mengenaskan saat sudah pension atau tua. Mereka tidak lagi punya penghasilan untuk hidupnya sehari-hari.
Mungkin akan lebih besar manfaatnya jika pemberian pensiun bagi atlet ini menjadi semacam gerakan nasional. Maksudnya bukan program sesaat, melainkan berkelanjutan. Cara yang ditempuh pemerintah dengan BPJS Kesehatan, mungkin dapat dipertimbangkan. Sehingga nantinya ada semacam asuransi untuk para atlet, saat mereka
sudah tidak aktif sebagai atlet tetap mendapat penghasilan bulanan seperti halnya pensiunan pegawai negeri.
Terimakasih.

Setiawan, Senen, Jakarta Pusat