1
1

Surat Terbuka Donasi AAUI, Peduli Sesama Untuk Indonesia

Saudara-Saudari Insan Perasuransian Sebangsa dan Setanah Air yang Saya Hormati, Fakta bahwa penularan Covid-19 sudah mulai terjadi 1 atau malah 2 minggu lebih awal sebelum test diagnosa dapat dilakukan, Kenyataan bahwa 85% dari infeksi Covid19 adalah tanpa gejala atau dengan gejala ringan dan juga fakta bahwa virus Covid dapat bertahan dipermukaan stainless-stell yang banyak dipergunakan di Lift gedung perkantoran sampai 3 hari [N Engl J Med 2020; 382:1564- 1567], telah menyebakan tingkat penularan yang sangat luar biasa. Dahsyatnya tingkat penularan yang ada dan kenyataan bahwa 15% yang terinfeksi akan memerlukan perawatan medis intensif dengan tingkat kematian mencapai 5%, tidak memberikan pilihan kecuali dengan tindakan yang telah diterapkan dan jalankan sampai saat ini.

Bencana Covid-19 yang terjadi saat ini tidak saja menjadi ancaman bagi keselamatan dan kesehatan masyarakat banyak, akan tetapi juga telah memporak-porandakan tatanan perekonomian dan aktifitas usaha kita semua. Banyak sekali saudara-saudara kita yang saat ini bergantung pada berbagai industri yang saat ini terdampak parah dan juga pada sektor informal pendukungnya. Kondisi tersebut tercermin dari laporan BPS [Aug 2020] dimana tingkat kemiskinan perkotaan telah meningkat 10.3% dengan indeks keparahan kemiskinan yang juga meningkat sebesar 8.6% pada tahun 2020 ini. Keseluruhan hal tersebut diatas telah mengakibatkan peningkatan jumlah saudarasaudara kita yang hidup dibawah garis kemiskinan menjadi 26.42 juta orang.

Walaupun pada sisi resiko penularan Covid-19 dapat dengan effektif diturunkan hingga 96% dengan penggunaan Masker [Travel Medicine and Infectious Disease Volume 36, July–August 2020] dan juga pembatasan sosial, terdapat kenyataan bahwa pada saat ini ada 26.42 juta saudara-saudara kita yang saat ini menghadapi resiko kelaparan dan kekurangan pangan dengan dampak yang akan sangat buruk dan seketika.

Berangkat dari pemahaman tersebut diatas dan juga pemenuhan harkat assosiasi sebagai wadah kebaikan dan aksi nyata nyata untuk bangsa ini, Asosiasi Asuransi Umum Indonesia telah mengembangkan dan meluncurkan Crowd Donation & Distribution Platform: AAUI Peduli Sesama (http://aaui-services.id/donation), sebagai langkah awal untuk pemenuhan amanah tanggung jawab sosial mulia tersebut.

Melalui aplikasi berbasis Web & Mobile Apps dengan kemampuan untuk menerima donasi menggunakan QRCode dari berbagai eWallet dan juga donasi konvensional melalui bank transfer, transparansi penerimaan dan penyaluran donasi yang ada dilakukan secara almostrealtime dan dipublikasi secara online.

Pada platform kebajikan ini, puluhan sukarelawan yang tergabung dibawah 33 cabang AAUI, dengan protokol kesehatan yang ketat, akan menyalurkan alokasi dari donasi yang diterima dan membagikannya dalam bentuk paket sembako kepada para penerima yang terdaftar disekeliling lingkungan kerja atau tempat tinggalnya.

Sebagai sebuah program kemanusiaan tanpa memandang Suku, Agama dan Ras, transparansi penyaluran yang ada dipastikan dengan sistem alokasi donasi dan settlement terintegrasi dengan dokumentasi dalam bentuk foto-foto yang langsung diupload untuk publikasi langsung setelah pelaksanaannya.

Lebih jauh lagi, pemberdayaan ekonomi masyarakat pada area terdampak juga diharapkan akan terjadi melalui pembelian bahan/paket sembako untuk donasi pada toko/warung di lingkungan tempat donasi tersebut. Melalui langkah ini diharapkan bahwa transaksi yang ada dapat berfungsi membantu untuk tetap memutar roda perekonomian mikro pada area tersebut.

Melalui surat terbuka ini, sebagai anak bangsa yang prihatin dan pengemban amanah yang berkewajiban untuk mengajak dan menyeru kepada kebaikan, saya mengajak kepada kita semua untuk bersegera dalam melaksanakan kebajikan nyata ini, baik apakah melalui pemberian donasi ataupun dengan mendaftar untuk bergabung bersama para sukarelawan yang telah ada melalui cabangcabang AAUI.

Donasi pribadi dapat dengan sangat mudah dilakukan dengan memindai QR code dibawah ini dari semua eWallet yang ada, atau untuk institusi dapat menggunakan bank transfer melalui rekening yang tertera dibawah.

Melalui program ini, AAUI berusaha bersama-sama untuk menjadi subjek pelaku aktif dari Mega Shift yang terjadi saat ini menuju kepada Empathic Society [inventureknowledge.id]. Melalui usaha bersama ini, diharapkan industri asuransi dapat menjadi pelaku aktif dan bukannya korban dari perubahan ekosistem perekenomian yang terjadi kedepannya. 

Saya pribadi percaya bahwa diluar apa yang kita makan dan nikmati, segala harta-benda milik kita pada harkatnya adalah hanya titipan dan tidak bisa kita bawa saat meninggalkan dunia yang fana ini, Amal baik, perbuatan kebajikan dan ilmu yang bergunalah yang akan menjadi harta milik kita pribadi yang kekal melampaui hidup kita yang singkat ini. Terkait dengan itu, saya mengajak kepada kita semua untuk bersegera dalam mengasihi diri sendiri dengan memperbanyak harta yang kekal dan juga memperoleh keberkahan dari do’a-do’a para penerima donasi kedepannya.

Semoga ajakan kebaikan ini memberikan manfaat dan keberkahan kepada kita semua dan menghasilkan sumbangsih nyata untuk bangsa ini..

Stay safe, stay healthy Jakarta 11 Okt 2020,
Salam hormat
Dr. HSM Widodo SKom, MEngSc
Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia
Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Lima Aksi Wajib Dalam Menjalankan Bisnis
Next Post BEDAH SAHAM: Meramal Efek Ekspansi PGAS

Member Login

or