Premi Sequis Tumbuh 10 persen

PT AJ Sequis Life (Sequis) selama tahun 2016 mencatat total pendapatan premi bruto sebesar Rp3,177 triliun (unaudited), meningkat 10 persen dibanding tahun 2015. Total aset meningkat sembilan persen menjadi sebesar Rp16,793 trilyun. Peningkatan juga terjadi pada laba yakni sebesar 15 atau menjadi Rp82,75 miliar dari tahun 2015. Dalam rilis yang diterima redaksi, 2 Februari 2017, disebutkan bahwa pada tahun 2016 yang lalu total premi Sequis sebesar Rp3 triliun atau tumbuh sembilan persen dibandingkan tahun 2015). Total premi new business 2016 bertumbuh 12 persen. Sedangkan proporsi unitlink sebesar 55 persen dan traditional sebesar 45 persen.
Director & Chief Agency Officer Sequis Edisjah menuturkan bahwa pPertumbuhan kinerja keuangan yang positif ini didorong oleh penetrasi bisnis dari berbagai kanal distribusi yang dimiliki Sequis untuk memasarkan berbagai ragam produk asuransi kesehatan dan jiwa. “Peningkatan layanan Customer Service melalui NSC (National Service Center) dan RSC (Regional Service Center) serta ditopang oleh agen yang berkualitas sebanyak lebih dari 13 ribu orang. Hal ini  agar kami dapat melayani lebih dari 190 ribu nasabah dengan total polis aktif  lebih dari 270 ribu di seluruh Indonesia ” ujarnya.
Sequis saat ini telah memiliki satu kantor NSC di Jakarta dan enam kantor RSC di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Medan dan Semarang. Kantor RSC Semarang baru diresmikan awal 2017. “Adanya RSC di Semarang akan memungkinkan nasabah mengakses berbagai informasi polis yang diperlukan seperti pembayaran premi, permintaan bukti transaksi, informasi perkembangan hasil investasi dengan dilayani oleh Customer Service Officer yang terlatih. Kehadiran RSC & RTC (regional training center) di Semarang diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat Semarang dan sekitarnya atas manfaat berasuransi,” ujar Director & Chief Operating Officer Sequis Yeoh Ah Thoo dalam rilis yang diterima redaksi, 2 Februari 2017.
Sementara itu Edisjah menambahkan bahwa pada tahun ini pihaknya fokus pada pengembangan agency, melalui perekrutan atau penambahan agen baru. “Demikian juga inovasi produk baik kesehatan maupun jiwa serta digitalisasi proses penjualan untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme agen,” ujarnya. Terkait dengan hal itu, Sequis mendirikan RTC di Semarang yang akan menjadi pusat pelatihan agent dan leader yang berdomisili di kota Semarang maupun di Solo, Yogyakarta, dan Purwokerto yang saat ini total berjumlah lebih dari 1.000 orang.
RTC Semarang yang dilengkapi dengan fasilitas ujian AAJI on-line dan teleconference ini memiliki aktivitas utama yaitu pelatihan dari tingkat basic hingga advance dan perekrutan agen baru melalui seminar peluang bisnis Business Opportunity Sequis (BOS). “Kami bertekad memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah kami, salah satunya dengan mempersiapkan agen yang profesional melalui program pelatihan yang telah kami kembangkan agar kelak agen dapat melayani calon nasabah dan nasabah dengan baik,” ujar Chief Agency Recruitment, Training & Development Sequis Franky Nayoan. Edi