5 Olah Raga Ini Bisa Tingkatkan Imunitas di Masa Pandemi

Media Asuransi – Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Angka kasus positif pun terus melonjak tajam setiap harinya. Masyarakat terus diimbau untuk menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) di mana pun berada. Selain 3M, rutin berolah raga bisa membantu menjaga daya tahan ataupun imunitas tubuh di masa pandemi.

Selain di dalam ruangan, olah raga bisa dilakukan di tempat terbuka atau outdoor asalkan mematuhi protokol kesehatan yang ada. Berikut adalah lima pilihan olah raga outdoor untuk jaga imunitas versi PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance), yang dikutip Media Asuransi, Jumat, 22 Januari 2021:

1. Berenang

Berenang dapat memaksimalkan kinerja organ-organ tubuh, seperti paru-paru, otot kaki dan lengan hingga stabilitas jaringan syaraf. Berenang dipercaya dapat memperkuat organ hati, jantung dan membantu mengecilkan perut ataupun membakar lemak jahat. Saat berenang, seluruh organ tubuh bergerak dan hal ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memberikan refreshment.

2. Jogging

Lari santai atau jogging membantu meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Umumnya, seseorang melakukan jogging di pagi hari sebelum memulai aktivitas ataupun saat mengawali weekend agar sekaligus menghirup udara segar dan mendapatkaan sinar matahari yang baik untuk imunitas.

Baca Juga:

3. Bersepeda

Tren bersepeda memang naik daun di masa pandemi. Saat ini, tidak jarang orang-orang bepergian ke kantor dengan bersepeda. Rutin bersepeda bisa memperkuat otot jantung serta mengurangi stres. Jangan lupa untuk selalu gunakan helm dan pelindung siku dan lutut untuk mengantisipasi kecelakaan. Serta pakai masker untuk mencegah penyebaran Covid-19.

4. Outdoor Yoga

Stres dapat berpengaruh daya tahan tubuh sehingga tubuh kita akan lebih rentan terserang penyakit. Yoga dapat membantu mengurangi stres. Tetapi, yoga sebenarnya dapat dilakukan di luar ruangan. Misalnya, di halaman rumah. Dengan ini, Anda dapat menghirup udara segar sambil berolah raga.

5. Mendaki Jarak Jauh & Pendek

Hiking ataupun trekking dapat menyehatkan jantung. Tak hanya itu, hiking dapat membantu mengendalikan berat badan serta meningkatkan kesehatan mental. Namun, pastikan untuk selalu berhati-hati saat mendaki gunung ataupun melakukan perjalanan ke hutan, goa dan curug.

Itulah lima jenis olah raga luar ruangan yang dapat membantu Anda untuk semakin bugar, khususnya di masa pandemi Covid-19. Selama melakukan kegiatan tersebut, tetap perhatikan protokol kesehatan dan keselamatan Anda.

Untuk menambah rasa aman saat berolah raga, lengkapi perlindungan Anda dengan t fracture dari Tugu Insurance. t fracture memberikan perlindungan asuransi patah tulang dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp4.000-an per bulan. t fracture dapat menanggung biaya pengobatan baik secara medis maupun tradisional untuk tulang retak dan patah akibat kecelakaan pada saat melakukan aktivitas. Edi