84 Persen Pemegang Kartu Kredit BCA Sudah Aktifkan PIN

            PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung pelaksanaan peraturan Bank Indonesia (BI) yang mewajibkan seluruh transaksi kartu kredit menggunakan PIN (personal identification number), per tanggal 1 Juli 2020. “Sejak beberapa waktu lalu, BCA secara aktif memberikan sosialisasi kepada nasabah pemegang kartu kredit di seluruh Tanah Air untuk mengaktifkan PIN Kartu Kredit sebelum tanggal 1 Juli 2020. Kami telah melakukan sosialisasi ini melalaui penyebaran informasi secara masif melalui beragam kanal antara lain Website BCA, Email, Media Sosial, dan kanal informasi lainnya,” kata Executive Vice President of Transaction Banking Business Development of BCA I Ketut Alam Wangsawijaya, dalam rilis 22 Juni 2020.

            Menurut I Ketut, hingga Mei 2020, tercatat 84 persen pemegang kartu kredit sudah melakukan aktivasi PIN untuk bertransaksi dengan kartu kredit. “Bagi nasabah pemegang kartu kredit BCA yang masih belum mengaktifkan PIN, kami harapkan dapat segera melakukan aktivasi sebelum 1 Juli 2020,” tambahnya.

          Secara umum, terdapat tiga cara untuk mengaktifkan PIN kartu kredit antara lain via BCA mobile, via website BCA www.bca.co.id/creditcard, dan via ATM BCA. Untuk mengetahui cara lengkapnya, nasabah dapat memperoleh informasi pada www.bca.co.id/edukatips/pin dan https://youtu.be/W3BuNol-ylk.

        Untuk aktivasi PIN kartu kredit via aplikasi BCA mobile, pilih fitur mAdmin, pilih aktivasi kartu Kredit, lalu pilih buat/ubah PIN, dan pilih “buat PIN”. Lalu, pilih Kartu Kredit mana yang mau di-create PIN, lalu input PIN yang dikehendaki, dan PIN Kartu Kredit Anda kini sudah aktif.

          Selain itu, nasabah dapat melakukan aktivasi PIN melalui website BCA www.bca.co.id/creditcard dengan mengisi form Verifikasi Data https://eform.klikbca.com/fasilitasonlinecc/. Setelah menekan “Proses”, pilih “Aktivasi PIN”, pilih kartu yang akan diaktivasi, masukkan enam digit “Kode Otentikasi” yang diterima melalui SMS*, tekan “Proses”, masukkan enam digit PIN baru, tekan “Proses” dan Anda akan menerima SMS notifikasi.

        Selain melalui BCA mobile dan Website BCA, nasabah dapat melakukan aktivasi PIN kartu kredit melalui ATM BCA, dengan memasukkan Kode Otentikasi yang dikirim melalui SMS BCA setelah kartu kredit diaktifkan. Caranya, masukkan Kartu Kredit, pilih “Aktivasi PIN”, masukkan enam digit “Kode Otentikasi” yang diterima melalui SMS*, tekan “Benar”. Jika valid, tekan “Lanjutkan” dan masukkan enam digit PIN baru (dua kali). PIN Anda sudah aktif, Anda akan menerima SMS notifikasi.

       BCA menghimbau kepada nasabah pemegang kartu kredit BCA di seluruh Tanah Air untuk melakukan aktivasi PIN kartu kredit segera karena transaksi kartu kredit yang menggunakan tanda tangan akan ditolak/declined. “Jadi, mumpung masih ada waktu, yuk aktivasi PIN kartu kredit-mu dan mulai biasakan menggunakan PIN untuk bertransaksi kartu kredit dari sekarang, sebelum PIN mandatory diberlakukan,” tutur I Ketut. Edi