AAUI Selenggarakan 6th AAUI International Insurance Seminar Secara Virtual

      Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menyelenggarakan 6th AAUI International Insurance Seminar (IIS) dengan tema utama “Leading Through Adversity: Strategies for Generating Success”. Berbeda dari tahun sebelumnya, acara IIS tahun ini dalam bentuk virtual (webinar) karena berlangsung dalam kondisi pandemi Covid-19. Webinar ini diselenggarakan di Jakarta, 21 Juli 2020, diikuti oleh 300 peserta dan sebagian besar merupakan CEO perusahaan asuransi dan industri penunjang. Seminar dibuka oleh Ketua AAUI HSM Widodo yang sekaligus memberikan sambutan. Sementara itu Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riswinandi menjadi pembicara kunci.

         Sesi pertama dengan tema “Transformation Leadership for Growth in Changing Times” menghadirkan satu orang pembicara yakni Ignasius Jonan, mantan Dirut PT KAI yang juga merupakan Menteri ESDM RI tahun 2016-2019 dan Menteri Perhubungan RI tahun 2014-2016. Jonan antara lain mengatakan bahwa dunia sudah berubah dan akan terus berubah, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Di masa seperti ini, peran pemimpin sangat penting karena akan membawa organisasi dapat melewati krisis. Diakuinya, dalam kondisi ini asuransi umum salah satu industri yang sangat sulit karena harus membaca tren bisnis di sektor lain, mana yang akan tumbuh dan arahnya ke mana.

 

       Sesi kedua dengan tema “Becoming Data-Driven Leader” menghadirkan dua orang pembicara yakni Harry K Nugraha yang merupakan CEO & Director SEA Intel Corporation tahun 2014-2017 dan Hasnul Suhaimi yang merupakan CEO PT XL Axiata Tbk tahun 2006-2015. Data driven ini harus diturunkan dari atas, sebaiknya dari share holders dulu atau dari komisaris dulu, kemudian CEO dan terus diturunkan ke bawah. Karena harus melibatkan semua unit bisnis yang ada di perusahaan. Jika data driven ini dimulai dari tengah, misalnya GM Marketing sudah data driven. Namun begitu dia minta support ke IT, mungkin support-nya tidak full. Kalau dia propose ke atasnya, bisa jadi atasannya tidak percaya.