Ajak Masyarakat Mengenal Asuransi, Allianz Indonesia Kuatkan Digital di Masa Pandemi

Media Asuransi – Setengah tahun lebih, pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Selama itu pula Allianz Indonesia tetap menjaga komitmennya untuk selalu memberi perlindungan dan layanan asuransi terbaik bagi nasabah. Sebagai salah satu perusahaan market leaders asuransi jiwa di tanah air dalam beberapa tahun terakhir, sudah menjadi platform utama bagi Allianz Indonesia untuk melindungi lebih banyak masyarakat dalam rangka memberikan ketenangan dalam berasuransi.

Semenjak awal Covid-19 terdeteksi di Indonesia, Allianz Indonesia telah mengajak para karyawannya serta masyarakat untuk meningkatkan pola hidup sehat dengan mengikuti anjuran pemerintah agar tetap di rumah saja. Meskipun menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) mulai Maret 2020, Allianz Indonesia tetap memastikan agar bisnis operasional bisa tetap berjalan sehingga tidak mengganggu layanan terhadap nasabah dan mitra bisnis Allianz. Sejumlah kebijakan telah diambil oleh perusahaan dalam menghadapi krisis Covid-19 ini, yang semuanya dilakukan berdasar tiga prinsip utama, yaitu memastikan keamanan dan melindungi kesehatan karyawan Allianz Indonesia, tetap memberi layanan terbaik bagi mitra bisnis dan nasabah, serta terus berupaya mencapai target perusahaan yang telah ditentukan.

Tidak lama setelah mewabahnya Covid-19 di Indonesia, untuk memberi perhatian kepada masyarakat, Allianz Life kemudian menggelar layanan rapid test gratis untuk warga DKI Jakarta yang bermukim di daerah zona merah, pada tanggal 20-25 April 2020. Selain penyediaan rapid test gratis, sejak awal mula tersebarnya Covid-19 di Indonesia Allianz Life juga menyediakan berbagai layanan dan fasilitas membantu nasabah maupun masyarakat luas untuk bersama melawan pandemi ini.

Pada bulan yang sama, Allianz juga menggandeng Jovee.id memberikan donasi melalui Ikatan Dokter Indonesia (IDI), berupa Alat Pelindung Diri (APD), disinfektan, dan alat kebutuhan medis lainnya, serta 800 paket lebih multivitamin bagi para petugas kesehatan di seluruh Indonesia untuk menjaga stamina mereka saat bertugas dan menangani para pasien positif Covid-19 serta pasien dalam pengawasan (PDP).

Sementara dari segi pelayanan untuk nasabah di kala pandemi, serta untuk penyesuaian teknik pemasaran penjualan produk asuransi yang terkait investasi (PAYDI), Allianz terus berkomitmen untuk memberikan proteksi asuransi melalui proses yang mudah dan terpercaya dengan menghadirkan sebuah inovasi baru bernama, Allianz eAZy Cover di Jakarta, 10 Juni 2020.

Inovasi ini memungkinkan para nasabah membeli perlindungan asuransi dengan cara tatap muka digital. Melalui Allianz eAZy Cover, Allianz dapat memberikan penawaran dan menjual produk secara digital kepada calon nasabah dengan mudah dan aman.

Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia Joos Louwerier mengatakan bahwa Allianz eAZy Cover melengkapi beragam inovasi digital yang telah dikembangkan Allianz selama beberapa tahun ini. Mulai dari pembelian polis hingga pengajuan klaim, seluruh proses di Allianz telah berbasis digital dan dirancang untuk memberikan pengalaman yang cepat, mudah, dan nyaman bagi nasabah.

 “Komitmen Allianz adalah memberikan perlindungan asuransi kepada lebih banyak lagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, kami terus melakukan inovasi untuk produk dan layanan. Allianz eAZy Cover adalah wujud komitmen tersebut. Bersama mitra bisnis Allianz yang terpercaya, kami dapat terus memenuhi kebutuhan proteksi masyarakat di tengah kondisi apapun,” ungkap Joos saat peluncuran Allianz eAZy Cover, di Jakarta 10 Juni 2020.

Selain Allianz eAZy Cover, sebelumnya perusahaan juga telah memiliki program digital lainnya untuk kemudahaan tenaga pemasar dalam memperkenalkan asuransi kepada masyarakat, yaitu Allianz Discover yang mengintegrasikan ekosistem penjualan lengkap, termasuk tools untuk berinteraksi dengan nasabah, mengajukan SPAJ, tracking, serta layanan untuk nasabah ke dalam perangkat tablet yang dapat dimanfaatkan oleh lebih dari 30 ribu agen.

Melalui aplikasi digital ini, Allianz Life Indonesia bahkan berhasil meraih penghargaan ‘Digital Transformation of the Year’ di acara 5th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards, pada tanggal 27 Juli 2020 lalu. Allianz Life Indonesia terpilih dari 250 nominasi dari 12 negara, yang telah melalui proses penjurian dua tahap yang ketat dan transparan serta diaudit oleh Ernst & Young. Seremoni penyerahan penghargaan dilakukan secara online. Panel juri terdiri dari 30 CEO, senior executives, ketua asosiasi, dan pakar industri. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Asia Insurance Review dan Asia Advisers Network, dengan co-organizer LIMRA.

Untuk lebih mengenalkan aplikasi digital yang dimiliki Allianz di masa pandemi, serta dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional yang jatuh setiap tanggal 4 September, Allianz Indonesia menggelar serangkaian program untuk nasabah sejak pertengahan bulan Agustus sampai bulan Oktober 2020. Allianz Indonesia mengajak seluruh nasabah mengoptimalkan layanan digital tanpa harus meninggalkan rumah dengan program eAZy di Rumah Aja, untuk kemudahan akses dan transaksi.

Chief Marketing Officer Allianz Indonesia Karin Zulkarnaen mengatakan bahwa Allianz Indonesia tetap menjaga komitmennya untuk selalu memberikan perlindungan dan layanan asuransi terbaik bagi nasabah.

Allianz Indonesia telah menyediakan ekosistem layanan digital untuk kemudahan nasabah dan mitra bisnis, mulai dari proses pengajuan polis, informasi dan transaksi polis, pengajuan klaim asuransi kesehatan, sampai ke informasi nilai investasi dan transaksi fund investasi.

Sampai akhir bulan Juli 2020, perusahaan mencatatkan sebanyak 93 persen pengajuan polis menggunakan digital sales tool, 42 persen polis diterbitkan secara elektronik, dan 90 persen komunikasi ke nasabah dilakukan melalui email.

“Kami terus mendukung berbagai upaya untuk menjaga keselamatan dan kesehatan. Dalam bekerja dan berinteraksi, kami telah melakukan penyesuaian dengan cepat dan menjalani cara baru dengan memanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan dan layanan terbaik bagi nasabah,” ungkap Karin di Jakarta, 3 September 2020.

Sebagai salah satu bagian dari rangkaian program eAZy di Rumah Aja untuk merayakan Hari Pelanggan Nasional, Allianz Indonesia juga menggelar webinar series selama bulan Agustus sampai dengan Oktober 2020, dengan pilihan topik-topik yang menarik. Melalui webinar series ini, Allianz Indonesia mengajak para nasabah dan masyarakat umum berbagi pengetahuan seputar keuangan dan perlindungan asuransi, khususnya terkait masa pandemi yang mengharuskan adanya “new normal”.

Rangkaian webinar ini dibuka oleh Chief Financial Officer Allianz Life Indonesia Cui Cui di Jakarta, 11 September 2020. “Allianz perusahaan asuransi yang dapat dipercaya karena memiliki reputasi dan kekuatan finansial yang sudah teruji di dunia, sehingga senantiasa memberikan ketenangan pikiran bagi para nasabah,” imbuh Cui Cui dalam sambutannya. Bedri Firman