Allianz Life Luncurkan Sekoci Amana

Media Asuransi – PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) membangun strategi dan kerja sama dengan mitra bisnis perbankan dan koperasi dengan meluncurkan Sekoci Amana. Chief Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo  mengatakan bahwa sinergi yang baik dengan mitra bisnis perbankan, koperasi dan lembaga keuangan lainnya, akan mendukung perkembangan jalur distribusi Allianz Life untuk menjangkau segmen masyarakat yang lebih luas lagi.

Allianz Indonesia Berbagi Tips Melalui Talkshow Asuransi Syariah

“Kami telah menjalani bisnis asuransi mikro dan emerging consumer selama 14 tahun. Mengingat pentingnya perlindungan, khususnya terhadap kelangsungan bisnis yang dirintis di saat pandemi seperti saat ini, kami juga mengembangkan produk Sekoci Amana yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah emerging consumer,” katanya dalam keterangan resmi, Senin, 26 Oktober 2020.

Sekoci Amana merupakan produk asuransi jiwa mikro yang dirancang secara basis Syariah dari produk asuransi jiwa mikro Sekoci yang sudah dipasarkan sejak tahun 2016. Produk ini diharapkan dapat menjadi sekoci atau perahu penyelamat bagi keluarga berpenghasilan terbatas agar tetap bertahan secara ekonomi saat tertimpa musibah melalui manfaat santunan jiwa bagi keluarga yang ditinggalkan.

Kontribusi (premi) terjangkau, mulai dari Rp6.000. Manfaat yang akan didapat oleh Peserta adalah pilihan santunan jiwa jika Peserta meninggal dunia karena sakit/alami hingga Rp18 juta. Kemudian pilihan santunan jiwa jika Peserta meninggal dunia karena kecelakaan hingga Rp90 juta, serta pilihan tambahan satu kali santunan tunai rawat jalan di rumah sakit akibat kecelakaan hingga Rp300.000.

Selain manfaat perlindungan tersebut, Peserta juga dapat berbagi kebaikan dengan peserta asuransi Sekoci Amana lainnya, karena kontribusi yang dibayarkan akan dikelola Allianz Life sebagai dana musibah yang akan diberikan kepada Peserta lain yang mengalami musibah terlebih dahulu. “Prinsip asuransi syariah yang diterapkan pada produk Sekoci Amana, mengajak nasabah untuk memiliki perlindungan sekaligus berbagi kebaikan dengan sesama peserta,” kata Bianto. 

Sementara itu, sinergi antara Allianz Life dan mitra bisnis seperti bank dan koperasi, akan membantu menjangkau lebih banyak masyarakat dan memberi mereka layanan keuangan yang dibutuhkan. “Dalam hal ini, misalnya untuk akses produk keuangan seperti pinjaman yang dapat dilengkapi juga dengan perlindungan asuransi jiwa. Pada akhirnya, hal ini akan mendukung meningkatnya indeks inklusi dan literasi keuangan, serta penetrasi asuransi di Indonesia,” tambahnya.

Peluncuran Sekoci Amana ini juga dibarengi dengan diadakannya webinar yang digelar bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan dan sebagai bentuk kepedulian terhadap para pelaku bisnis & UMKM di Indonesia, serta wujud sinergi dengan mitra bisnisnya. Dalam acara webinar yang digelar secara virtual pada 23 Oktober 2020 ini, hadir Susi Pudjiastuti sebagai salah satu tokoh penggiat UMKM dan memaparkan tentang pentingnya perlindungan asuransi bagi industri UMKM. Ken