Amar Bank Pertahankan Kinerja Positif Berkat Inovasi Produk Baru

     Media Asuransi – PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) memperkenalkan inovasi produk terbaru ‘Senyumku’ dalam paparan publik di Jakarta, Rabu 26 Agustus 2020.

       Diluncurkan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020, Senyumku merupakan mobile-only intelligent bank pertama di Indonesia yang memanfaatkan kecerdasan buatan dalam memberikan layanan perbankan yang personal kepada nasabah dan masyarakat, khususnya kaum milenial.
 
      Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian menyatakan bahwa setelah Tolaram Group mengakuisisi perusahaan pada tahun 2014, Amar Bank telah mengalami transformasi digital yang signifikan untuk menjadi bank digital terdepan di Indonesia, melalui platform pinjaman digital Tunaiku yang telah sering memenangkan berbagai penghargaan. “Senyumku merupakan bagian dari komitmen kami untuk bertransformasi dan berkembang serta melayani masyarakat Indonesia,” katanya.
 
    Dia jelaskan, aplikasi mobile-only intelligent banking terbaru ini mendukung pengembangan segmen perbankan yang cerdas, canggih, dan personal yang dapat menjadi teman yang cerdas dalam mengelola keuangan secara mandiri bagi nasabah untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan yang ingin diraih. Ini sejalan dengan visi kami untuk memberikan senyuman di wajah nasabah kami dan membantu mereka membangun kebiasaan mengelola keuangan yang baik dan menyelesaikan tantangan keuangan mereka, ujar Vishal Tulsian.
 
    Untuk menggunakan Senyumku, pengguna hanya perlu waktu lima menit melakukan registrasi pembuatan akun dengan mengikuti langkah mudah. “Kami berharap aplikasi ini dapat memberi kemudahan bagi masyarakat Indonesia terlebih di tengah situasi pandemi ini agar mudah meraih tujuan finansial yang ingin dicapai. Kami juga berharap para milenial dapat memanfaatkan solusi perbankan ini untuk meraih mimpi mereka. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi memperkenalkan produk dan layanan baru yang menjawab kebutuhan nasabah kami dan masyarakat Indonesia pada umumnya,” tegasnya.
 

    Dalam kesempatan itu manajemen menyampaikan kinerja Amar Bank yang terus menunjukkan tren positif sejak 2014. Berdasarkan laporan keuangan per Juni 2020, total aset perseroan mencapai Rp3,1 triliun, meningkat signifikan lebih dari 13 kali lipat dari tahun 2014 sebesar Rp231 miliar. Sementara itu, total ekuitas dan simpanan nasabah per Juni 2020 juga menunjukkan kinerja positif. Total ekuitas perseroan mencapai Rp1,09 triliun dan simpanan nasabah mencapai Rp1,7 triliun.

      Penyaluran kredit yang dilakukan perseroan juga terus meningkat. Perseroan mencatat penyaluran kredit sepanjang 2020 hingga Juni mencapai Rp1,9 triliun, meningkat dibandingkan dari tahun 2014 sebesar Rp59 miliar. Peningkatan penyaluran kredit tersebut mendorong pertumbuhan pendapatan bunga bersih perseroan sebesar Rp323 miliar, meningkat 78,14 persen dari bulan Juni tahun sebelumnya sebesar Rp181,5 miliar. Jika dibandingkan dengan tahun 2014, pendapatan bunga bersih tersebut meningkat lebih dari 21 kali lipat dari Rp15 miliar.
 
  Pandemi Covid-19 mempengaruhi kinerja Bank Amar, terutama pencapaian laba bersih tahun berjalan perseroan yang terkoreksi 21,7 persen menjadi sebesar Rp20,4 miliar dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Hal ini terutama disebabkan perlambatan bisnis dan peningkatan CKPN selama kuartal kedua 2020. Di lain pihak, perseroan menjaga likuiditas yang solid, tercermin dari rasio CAR 51,02 persen.
 
      Sementara itu dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar Amar Bank sebelum publik ekspos, telah disetujui untuk pembagian dividen sebesar 50 persen dari laba tahun berjalan. Sebesar Rp30,7 miliar akan dibagikan sebagai dividen tunai, yang akan dibayarkan pada tanggal 25 September 2020 kepada pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada tanggal 7 September 2020. Edi
%d bloggers like this: