Antisipasi Covid-19, BNI Syariah Optimalkan Layanan Nasabah

     Menghadapi pandemi Covid-19, BNI Syariah melakukan beberapa langkah antisipasi dalam rangka memberikan perlindungan maksimal kepada pegawai, keluarga, dan nasabah. Langkah yang diambil diantaranya berupa sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona kepada segenap pegawai, pengecekan suhu tubuh bagi pegawai dan tamu yang berkunjung, penyediaan layanan kesehatan di Kantor Pusat BNI Syariah bagi segenap karyawan dan tamu yang berkunjung, penyediaan hand sanitizer dan masker untuk pegawai, serta penyemprotan disinfektan di lingkungan kerja. 

     Lebih jauh, BNI Syariah juga menerapkan pembatasan jam layanan di kantor cabang yaitu pukul 09.00-15.00 WIB dan pengukuran suhu tubuh nasabah di outlet BNI Syariah. Untuk memberikan perlindungan kepada nasabah dan karyawan, BNI Syariah juga menerapkan sistem kerja Work From Home (WFH), yaitu bekerja di rumah dengan tetap menjalankan fungsi masing-masing pegawai sebagaimana dijalankan di kantor pada kondisi normal. 

     Direktur Kepatuhan dan Risiko BNI Syariah Tribuana Tunggadewi mengatakan bahwa ada beberapa poin kebijakan WFH yang dilakukan BNI Syariah. Untuk unit yang termasuk ke dalam unit critical tetap bekerja di kantor dengan dimungkinkan bekerja terpisah (split work) atau bergiliran (shift work) sesuai dengan ketetapan divisi atau unit. Kebijakan WFH ini diberlakukan untuk Kantor Pusat, Kantor WJP, Kantor Cabang di Wilayah Jabodetabek, dan Kantor Cabang di Solo dan Bali. “Kebijakan Work From Home berlaku pada posisi pegawai yang memenuhi kriteria yang ditetapkan, jumlah pegawai yang diperkenankan melakukan Work From Home maksimal 50 persen per unit, menyesuaikan kondisi masing-masing unit bersangkutan,” kata Tribuana dalam keterangan resmi di Jakarta, 18 Maret 2020. 

     Langkah ini diharapkan dapat mengoptimalkan upaya pegawai untuk menjaga kesehatan orang-orang terdekatnya di rumah, sekaligus memberikan perlindungan maksimal dari potensi tertular Covid-19 selama berinteraksi dengan masyarakat selama bekerja atau dalam perjalanan dari dan ke kantor. Tribuana menambahkan bahwa perusahaan juga menyediakan fasilitas e-form pembukaan rekening dengan mengakses bro.bnisyariah.co.id. Di website ini calon nasabah dapat menentukan sendiri jenis tabungan yang akan dipilih dimanapun dan kapanpun melalui mobile phone sehingga waktu efisien. 

   Selama masa antisipasi Covid-19, perusahaan menyarankan untuk segenap nasabah menggunakan layanan e-banking. Adapun layanan mobile banking yang diberikan diantaranya adalah Top up Uang Elektronik (TapCash, LinkAja, GoPay, OVO, DANA), pembelian pulsa dan paket data, token listrik, pembayaran tagihan telepon dan TV  berlangganan, transfer antar-BNI Syariah dan antarbank, pembayaran pelunasan biaya ibadah haji dan zakat, infaq dan shadaqah. 

   “BNI Syariah juga menawarkan promo menarik e-commerce. Hal ini untuk mendorong masyarakat tetap berada di rumah dan melakukan transaksi belanja,” tandas Tribuana. Beberapa promo ini diantaranya adalah potongan harga Rp300 ribu untuk minimal transaksi Rp5 juta untuk 25 orang per hari menggunakan iB Hasanah Card dan potongan harga Rp1,1 juta dan hadiah Air Purifier Samsung untuk pembelian di JD.ID. Fir