Asuransi Mobil Mulai Pulih Walau Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Media Asuransi – Dampak dari Pandemi Covid-19 pada sektor otomotif mulai berkurang, terlihat dari penjualan mobil mulai Juli atau awal semester kedua 2020 mengalami peningkatan 100,3 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), peningkatan tajam itu dari 12.623 unit pada Juni, menjadi 25.283 pada Juli 2020.

Direktur PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) Donni Gandamana mengatakan bahwa melihat data tersebut, pihaknya optimistis bisnis asuransi mobil akan mengalami pertumbuhan di semester kedua tahun ini.

Tidak hanya itu, pandemi ini juga mengubah kebiasaan banyak orang. Contohnya, dengan himbauan jaga jarak fisik [physical distancing], banyak masyarakat kini memilih untuk berkendara pribadi. Selain itu, masyarakat juga semakin menyadari pentingnya proteksi, menurut riset dari Universitas Temple di Amerika Serikat, sekitar 58 persen warga AS berpikir bahwa asuransi jadi penting di era pandemi ini. Hal ini membuat kami semakin optimis akan pertumbuhan bisnis asuransi mobil,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa 25 Agustus 2020.

Donni menambahkan, Adira Insurance juga berinovasi untuk memperbaiki bisnis asuransi mobil yang terimbas pandemi Covid-19. “Digitalisasi adalah cara terbaik untuk tetap berkembang saat ini. Kami bekerja sama dengan Traveloka Protect untuk memberikan perlindungan mudah untuk mobil Anda. Tidak hanya itu, pelaporan klaim asuransi mobil pun juga bisa dilakukan dari rumah dengan aplikasi Autocillin Mobile Claim,” jelasnya.

Dengan perlindungan dari Autocillin, asuransi mobil dari Adira Insurance, pelanggan dapat memperoleh perlindungan berupa jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas berbagai macam kerugian akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Autocillin juga menjamin ganti rugi atas tuntutan pihak ketiga dan jaminan terhadap kematian atau cedera badan yang mengkibatkan cacat tetap.

Biaya pengobatan terhadap pengemudi dan atau penumpang di dalam kendaraan yang dipertanggungkan apabila terjadi kecelakaan juga dapat dijamin dalam produk Autocillin. Perlindungan tambahan lainnya berupa jaminan jika terjadi angin topan, badai, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, huru hara, dan kerusuhan.

Donni Gandamana menjelaskan bahwa produk dari Adira Insurance ini didukung dengan fitur-fitur pelayanan terbaik antara lain layanan towing car, emergency road assistance, ambulans, Autocillin Garage seluruh Indonesia, hingga fasilitas gratis biaya perpanjangan STNK. Di masa pandemi ini, kami ingin terus memberikan yang terbaik untuk pelanggan,” ujarnya.

Donni juga mengingatkan masyarakat saat menggunakan mobil pribadi di masa pandemi Covid-19 ini untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Protokol kesehatan yang wajib dilakukan sebelum menggunakan mobil yaitu membuka kaca mobil di pagi hari agar terjadi pertukaran udaradan pastikan kabin mobil dalam keadaan bersih. Rutin membersihkan bagian dalam dan luar mobil, terutama bagian yang sering disentuh dan juga barang-barang yang akan dibawa ke dalam mobil. Selain itu, siapkan masker di laci dasbor dan hand sanitizer di panel pintu sebelum berkendara.

Saat menggunakan mobil, pemilik mobil harus tetap memperhatikan jumlah penumpang dalam mobil. “Jangan terlalu penuh dan tetap terapkan physical distancing walaupun sesama anggota keluarga. Pastikan seluruh penumpang mobil selalu menggunakan masker,” tambah Donni.

Selesai berkendara, seluruh penumpang agar bergegas untuk mengganti seluruh pakaian setelah beraktivitas dan mandi. Setelah itu, lakukan penyemprotan cairan disinfektan ke benda-benda yang telah digunakan. Edi