Perayaan ulang tahun ke-39 pada tanggal 21 Agustus 2017, dijadikan kesempatan oleh PT Asuransi Tri Pakarta (Asuransi Tripa) untuk mencanangkan rencananya masuk ke pasar digital insurance. Pada hari itu Asuransi Tripa meresmikan kerja sama dengan PT Jasa Digital Nusantara (Iruna eLogistics), perusahaan e-logistics pertama di Indonesia, dengan melakukan penandatanganan MoU. Penandatangan MOU dilakukan oleh Direktur Utama PT Asuransi Tri Pakarta Gatot Siswoyo dan Chief Sales Officer dari PT Digital Nusantara Syaiful Rachman. Menurut rencana, MoU ini akan segera direalisasikan dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua belah pihak pada awal September 2017. Iruna eLogistics telah menunjuk Asuransi Tripa sebagai asuransi yang akan melindungi seluruh pengangkutan barang dan pengangkutan uang yang dilakukan oleh Iruna eLogistics.
Iruna eLogistics yang baru beroperasi pada Januari 2017, merupakan sebuah perusahaan logistik yang memiliki kekuatan pada platform digital dengan mengedepankan solusi end-to-end kepada klien-kliennya. Dalam menjalankan usahanya, Iruna eLogistics membutuhkan partner asuransi kerugian untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penggunanya. Asuransi Tripa mengambil peranan untuk menutup seluruh risiko pengangkutan barang dan pengangkutan uang atau yang lebih dikenal dengan metode COD (Cash On Delivery) yang dilakukan oleh Iruna e-Logistics.
Dalam sambutannya, Gatot Siswoyo mengatakan bahwa kerja sama ini saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dari sisi Asuransi Tripa, memang penutupan barang merupakan salah satu produk unggulan yang akan terus digenjot mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jarak yang sangat luas, sehingga kebutuhan masyarakat maupun pelaku usaha terhadap perusahaan pengiriman barang sangat tinggi. “Di samping itu, platform digital juga semakin dekat dengan masyarakat. Sebatas sentuhan jari, saat ini masyarakat dapat mengirimkan barang atau membeli barang-barang kebutuhannya. Peluang ini yang coba kami ambil tentu dengan mempertimbangkan segala kemungkinan risiko yang ada,” katanya dalam rilis yang diterima redaksi, 22 Agustus 2017.
Pada kesempatan yang sama, Asuransi Tripa juga meluncurkan mobile application bernama Tripa Smart yang diperuntukkan kepada para nasabah dan calon nasabah Asuransi Tripa. Dengan aplikasi ini, para nasabah dapat melakukan perpanjangan polis, proses klaim, dan mendapatkan informasi-informasi lainnya yang dibutuhkan seperti jaringan kantor dan bengkel Asuransi Tripa. Bagi para calon nasabah Asuransi Tripa dapat melakukan simulasi perhitungan premi dan penutupan asuransi. Aplikasi ini dapat diunduh pada platform Android melalui Play Store dan kedepannya akan dapat diunduh pada iOS melalui App Store. Selain itu, Asuransi Tripa juga memberikan layanan Virtual Account kepada nasabahnya untuk mempermudah proses pembayaran premi.
Gatot Siswoyo juga menjelaskan bahwa Asuransi Tripa memiliki perhatian yang cukup tinggi terhadap digitalisasi layanan. Hal ini masih perlu terus ditingkatkan sehingga dapat memenuhi ekspektasi dari pasar. “Selain itu, peningkatan SDM juga menjadi titik berat Asuransi Tripa di tahun 2017 dan 2018 mendatang. Yang cukup penting juga, Tripa akan melakukan revitalisasi outlet–outlet konvensionalnya sehingga dapat menjadi ujung tombak penjualan perusahaan di samping meningkatkan peran agen dalam penjualan produk,” katanya. Edi