Amar Bank Raih 2 TOP Digital Awards 2020

Media Asuransi – PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank), meraih 2 penghargaan TOP Digital Awards 2020 yang diselenggarakan oleh majalah IT Works. Dua penghargaan dalam ajang Top Digital Awards 2020 ini adalah TOP DIGITAL Implementation 2020 on Bank Sector #Level Stars 4 dengan predikat sangat baik dan TOP Leader on Digital Implementation 2020 untuk Vishal Tulsian selaku Presiden Direktur PT Bank Amar Indonesia Tbk.

Penghargaan ini diberikan atas komitmen Amar Bank dalam mengelola bisnisnya secara modern, profesional, dan lebih terpercaya dengan mengimplementasikan serta memanfaatkan teknologi informasi dan digital yang lebih canggih. Amar Bank merupakan perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan dan bank digital murni pertama yang fokus pada pengembangan digitalonly bank di Indonesia. Amar Bank sejak tahun 2014 yang terus bertransformasi dalam mengoptimalkan pemanfaatan inovasi teknologi agar dapat berdampak dan mengubah hidup nasabah menjadi lebih baik.

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian mengatakan pihaknya senang dan bangga menerima Penghargaan TOP Digital Awards 2020. “Kami berharap Amar Bank dapat tetap konsisten melakukan inovasi untuk dapat memberi dampak bagi kehidupan dan meningkatkan taraf hidup. Hal ini sesuai dengan visi kami untuk membawa senyum bagi 200 juta wajah pada tahun 2025 dengan memberikan layanan perbankan bagi mereka yang membutuhkan dan bukan hanya bagi mereka yang menginginkannya,” kata Vishal dalam keterangan resmi yang dikutip Media Asuransi, Kamis, 31 Desember 2020.

Perbankan Syariah Terus Tumbuh di Tengah Pandemi

TOP DIGITAL Awards merupakan penghargaan bidang TI TELCO/Teknologi Digital terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh majalah It Works. TOP DIGITAL Awards 2020 merupakan kegiatan corporate rating (award) sekaligus pembelajaran Solusi Bisnis berupa TI TELCO digital bagi korporasi dan instansi pemerintahan.

Penilaian Top Digital Awards 2020 menggunakan tiga metode, yakni melalui kuesioner dan wawancara penjurian, rekomendasi user atau masyarakat, serta melalui market research. Keputusan Penentuan Pemenang, dilakukan secara obyektif dan independen dalam sidang pleno dewan juri yang antara lain berangota Ashwin Sasongko Sastrosubroto (mantan Dirjen Aplikasi dan Informatika, Kementerian Kominfo RI) dan Thendri Suprianto Ketua Umum CFCD/Corporate Forum of Community Development).

Kegiatan penilaian melibatkan lebih dari 800 perusahaan dan instansi pemerintahan. Kemudian, berdasarkan rekomendasi para pakar, konsultan, dan asosiasi TI TELCO, ditetapkan 200 finalis atau kandidat pemenang. Para finalis kemudian diminta untuk mengisi kuesioner tentang keberhasilan implementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya, dan diundang untuk mengikuti wawancara penjurian. Dari 200 finalis, sebanyak 160 finalis yang mengikuti tahapan penilaian secara lengkap.

Chief of Technology Amar Bank, Kevin Kane, menambahkan bahwa pihaknya sangat peduli terhadap kepuasan nasabah dengan terus memperhatikan kebutuhan mereka. Oleh karena itu, perseroan secara terus-menerus melakukan perbaikan dan penambahan fitur pada produk yang dimiliki. “Untuk melakukan hal tersebut, Amar Bank mengadopsi microservices architecture transformation sehingga memungkinkan kami untuk lebih cepat dan efisien dalam rangka melakukan system development agar dapat terus mengoptimalkan dan meningkatkan pelayanan kepada nasabah,” jelasnya.

Dalam melakukan pengembangan inovasi teknologi digital, Amar Bank telah menawarkan dua produk digital unggulan yang hadir untuk dapat berkontribusi dalam upaya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia, yaitu Tunaiku sebagai aplikasi pinjaman digital dan Senyumku sebagai mobile-only intelligent bank. Kedua produk digital banking ini, memiliki misi untuk melayani masyarakat Indonesia, baik itu yang telah dilayani oleh penyedia jasa keuangan (bankable people) ataupun juga yang belum tersentuh institusi keuangan formal (unbanked people). “Tunaiku dan Senyumku adalah inovasi yang akan memberdayakan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik,” tutur Kevin Kane.

            Vishal Tulsian menambahkan, dengan fokus pada teknologi, Amar Bank akan terus berinovasi dan bertransformasi dalam mengimplementasikan serta memanfaatkan teknologi digital perbankan. “Ke depannya, melalui teknologi dan transformasi digital perbankan, Amar Bank akan terus berupaya untuk mengembangkan layanan dan produk digital sehingga dapat lebih berdampak untuk kehidupan lebih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Kami juga akan mengoptimalkan produk inovasi terbaru Senyumku, aplikasi perbankan berbasis AI (Artificial Intelligence) dari Amar Bank, yang diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih optimal bagi masyarakat,” tuturnya. Edi