BCA Tawarkan Beragam Kemudahan Transaksi Digital

Media Asuransi – Mencermati digitalisasi teknologi yang kini semakin dibutuhkan, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus bergerilya menawarkan beragam kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi finansial, khususnya dalam menyongsong era new normal saat ini. Terlebih lagi, di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, kecanggihan teknologi menjadi sangat dimanfaatkan oleh masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia.

Direktur BCA Santoso mengakui bahwa digitalisasi saat ini mendominasi berbagai aspek kehidupan masyarakat khususnya di tengah tantangan Covid-19 dan era menuju era normal saat ini. “Digitalisasi menawarkan masyarakat pada kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan, apalagi di situasi saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk jaga jarak (physical distancing). Oleh sebab itu, BCA menghadirkan tiga fitur digital yang memudahkan nasabah di Tanah Air untuk bertransaksi finansial dengan mudah, aman, nyaman, dan cepat,” katanya dalam keterangan resmi, 10 September 2020.

Santoso menjelaskan, yang pertama adalah fitur QR di BCA mobile yang dapat digunakan nasabah untuk bayar transaksi belanja di merchant dengan pembayaran QRIS. QRIS merupakan jaringan pembayaran yang menggunakan QR Code dari BCA mobile dan berbagai aplikasi pembayaran. BCA turut mendukung pemerintah dengan penerapan cashless payment via QRIS. Selain itu, QR di BCA mobile memudahkan nasabah untuk membayar belanja tanpa sentuhan di berbagai merchant yang bekerja sama dengan BCA.

Fitur kedua adalah Tarik Tunai Tanpa Kartu (Cardless) di BCA mobile yang memungkinkan pengguna untuk menarik uang tunai tanpa kartu ATM. Biasanya dompet tertinggal dan situasi mendesak harus transaksi dengan uang tunai, nasabah cukup mengakses fitur Cardless di BCA mobile dan dapat dengan mudah menarik uang tanpa kartu di ATM BCA. “Fitur ini mendukung nasabah di era new normal yang mengharuskan untuk meminimalisir kontak fisik pada benda atau yang lainnya,” tambah Santoso.

Fitur ketiga dan yang terbaru dari BCA adalah Debit Online, fitur yang mempermudah nasabah dalam melakukan pembayaran transaksi online. Uniknya, fitur Debit Online BCA ini memberikan keleluasaan nasabah dalam mengatur transaksi online melalui BCA mobile. Fitur terbaru ini memberikan dua keuntungan sekaligus bagi nasabah yakni kemudahan kontrol transaksi dan tanpa batas. Nasabah dapat mengaktifkan atau menonaktifkan transaksi, nasabah dapat mengatur limit dan blokir #DibikinSimpel di BCA mobile.

Selain itu, fitur Debit Online ini memungkinkan nasabah untuk menggunakannya sebagai metode pembayaran online baik di dalam maupun luar negeri. Fitur ini juga dapat digunakan berbelanja di seluruh platform e-commerce, toko online, dan layanan online yang menerima pembayaran dengan kartu Mastercard.

Sementara itu Country Manager of PT Mastercard Indonesia Navin Jain mengatakan bahwa Covid-19 telah mempercepat pengadopsian kebiasaan pembayaran digital dan nontunai pada konsumen. “Perubahan perilaku melakukan pembelian secara online diprediksi akan bertahan lama, bahkan hingga pandemi berakhir, dengan studi terbaru menunjukkan bahwa hampir 60 persen konsumen telah mencoba sebuah metode belanja digital baru.

Menurut Navin, saat ini banyak orang lebih memilih untuk melakukan pembayaran nontunai agar tetap aman, serta mengurangi kontak fisik. “Untuk itu, Mastercard senang dapat bekerja sama dengan BCA dalam memungkinkan kartu debit Mastercard sebagai alat pembayaran online berbagai transaksi di marketplace dan app store, berlangganan berbagai layanan dan lainnya. Mastercard menganjurkan para pemegang kartu untuk mengaktifkan fitur Debit Online agar dapat melakukan transaksi online dengan aman, simpel, dan nyaman dengan kartu debit Mastercard,” jelasnya              

Santoso menambahkan bahwa sejalan dengan komitmen perseroan untuk ‘Senantiasa di Sisi Anda’, BCA terus bertransformasi menjadi institusi keuangan yang aware terhadap kebutuhan nasabah yang dinamis serta perkembangan digitalisasi yang semakin pesat. “Di era new normal yang kami sadari membutuhkan kecepatan, kenyamanan, kemudahan, dan keamanan dalam mendukung aktivitas masyarakat, maka fitur digital banking yang kami tawarkan ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat luas di Tanah Air. Ke depan, kami akan terus bergerilya menciptakan inovasi mutakhir digitalisasi perbankan yang diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat,” tuturnya. Edi