Belajar dari Jatuhnya Sriwijaya Air SJ182, Mengenal Perlunya Asuransi Perjalanan

Media Asuransi – Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-182, pada Sabtu sore, 9 Januari 2021, meninggalkan duka mendalam bagi keluarga para korban. Kejadian ini dan beberapa kecelakaan yang terjadi di awal tahun ini, mestinya mengingatkan kita mengenai pentingnya asuransi.

Asuransi memang tidak akan dapat menggantikan rasa kehilangan atas kematian anggota keluarga, termasuk saat dalam perjalanan. Namun asuransi akan membantu meringankan beban keuangan pasca meninggalnya anggota keluarga, terutama jika yang meninggal tersebut adalah pencari nafkah utama dalam keluarga.

Apapun jenis asuransi yang dimiliki, jika ada jaminan atas risiko meninggal dunia, maka akan memungkinkan pihak keluarga (ahli waris) menerima pembayaran klaim. Misalnya asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri (personal accident), atau yang lebih spesifik untuk keperluan ini yakni asuransi perjalanan.   

Pesawat Sriwijaya Hilang Kontak, Inilah Cover Asuransi Pesawat

Cukup banyak perusahaan asuransi umum yang memasarkan produk asuransi perjalanan. Baik untuk keperluan perjalanan di dalam negeri (domestik) maupun perjalanan ke luar negeri. Ruang lingkup jaminannya juga sangat beragam, bukan hanya atas risiko kematian, melainkan juga perawatan sakit, risiko kecelakaan yang berakibat cacat tetap, evakuasi medis dan repatriasi jenazah.

Selain itu juga ada jaminan kerugian akibat ketidaknyamanan yang dialami nasabah selama perjalanan. Misalnya akibat penundaan atau pembatalan perjalanan, kehilangan dan atau kerusakan bagasi, kehilangan dokumen perjalanan, kehilangan barang pribadi, hingga risiko atas tanggung jawab kepada pihak ketiga.

Dalam kesempatan ini, Media Asuransi memberi contoh mengenai asuransi perjalanan ini dengan produk dari PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) yakni Travellin. Ini merupakan nama produk asuransi perjalanan dari Adira Insurance yang dirancang untuk mengurangi kerugian yang dapat terjadi selama nasabah melakukan perjalanan ke luar negeri (internasional) atau perjalanan di dalam negeri (domestik).

Dalam deskripsi produk yang dikutip Media Asuransi dari website Adira Insurance, Selasa, 12 Januari 2021 disebutkan bahwa produk Travellin memberikan berbagai manfaat yang sesuai dengan kebutuhan nasabah ketika dalam perjalanan. Salah satunya adalah fitur ‘Cashless’ untuk Paket International, yaitu fitur yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan layanan medis tanpa dana tunai (cashless). Fitur ini dapat terwujud karena kerja sama Adira Insurance dengan jaringan AA International. Travellin juga memiliki produk Travellin Syariah yang memberikan perlindungan selama melakukan perjalanan Haji atau Umroh.

Untuk Paket International, Travellin menawarkan 3 plan atau paket yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kelengkapan dalam perjalanan. Yaitu: Plan Asia, Plan Worldwide Executive, dan Plan Wolrdwide Premier. Masing-masing plan memiliki berbagai keunggulan dan kebutuhan yang dapat disesuaikan dengan perjalanan nasabah. Untuk perjalanan internasional, Travellin memberikan pilihan perjalanan secara individual (sendiri) atau family (keluarga).

Selain itu juga untuk area internasional, Travellin memberikan pilihan untuk perjalanan harian atau tahunan. Untuk yang tahunan, disediakan perjalanan 90 hari (multitrip 90) dan 180 hari (multitrip 180). Multitrip dapat digunakan dalam 1 tahun penuh selama jumlah harinya tidak melebihi paket tahunan yang dipilih.

Berikutnya adalah Paket Domestik. Travellin Domestic merupakan produk asuransi perjalanan untuk pelancong yang ingin melakukan perjalanan dalam negeri. Travellin Domestic memiliki 2 pilihan, yaitu Travellin Domestic Gold dan Travellin Domestic Silver.

Secara keseluruhan plan Travellin domestik memiliki manfaat hingga Rp100 juta untuk berbagai macam jaminan perlindungan. Selain itu Travellin domestik juga dapat diperluas dengan jaminan ‘plus’ yang memberikan santunan kerugian untuk rumah nasabah dari kebakaran dan kebongkaran, serta kendaraan bermotor nasabah dari pencurian, selama masa jaminan dalam polis.

Kemudian ada Paket Travellin Syariah. Untuk Travellin Syariah ini, ada 3 paket yang dapat dipilih sesuai kebutuhan calon nasabah, yaitu Paket Basic, Paket Regular (Silver, Gold, dan Platinum), dan Paket Khusus (Haji Plus). Paket produk tersebut memberikan pilihan perjalanan secara individual (perorangan) atau family (keluarga).

Umrah Travel Sharia Insurance Likely to Blossom after Covid-19 Pandemic

Travellin Syariah memberikan perlindungan perjalanan bagi umroh atau haji nasabah dengan beberapa manfaat diantaranya adalah: pertama, dikelola dengan konsep Syariah berprinsip ta’awun yang mengedepankan saling tolong sesama jamaah dan terbebas dari unsur riba, maisir, dan gharar.

Kedua, memiliki perlindungan yang lengkap meliputi repatriasi medis dan jenazah. Ketiga, pembayaran manfaat secara cashless & reimbursement. Keempat, call center siap melayani klaim 24 jam. Kelima, terdapat komponen zakat dalam kontribusi asuransi.

Untuk saat ini produk Travellin Syariah dapat dimiliki calon nasabah melalui kantor cabang Adira Insurance dan Travel Agent yang sudah menjadi rekanan Adira Insurance. Keseluruhan produk Travellin saat ini dapat dibeli secara online, melalui website resmi Travellin di www.travellin.co.id .

Adira Insurance menjual asuransi perjalanan lengkap dan dapat dibeli harian maupun tahunan. Untuk perjalanan internasional, dapat dibeli dari harga Rp19.000 per hari hingga Rp42.000 per hari. Sedangkan untuk yang perjalanan dalam negeri (domestik), harga paket Silver adalah Rp10.000 per hari dan paket Gold Rp 12.000 per hari. Semua paketnya dapat dibeli secara online dengan berbagai metode pembayaran, yakni kartu kredit, online banking, transfer atau virtual account, dan e-wallet atau pulsa.

Setelah membeli secara online, otomatis elektronik polis akan dikirimkan Adira Insurance kepada nasabah melalui alamat email yang telah didaftarkan. Elektronik Polis atau yang disebut E-Polis sudah merupakan polis resmi yang dapat digunakan untuk dokumen resmi keikutsertaan nasabah dalam asuransi perjalanan Travellin.

Selain kemudahan bertransaksi online dan E-Polis, nasabah juga dapat melakukan online claim. Yaitu pengajuan klaim secara online, tanpa harus datang atau menghubungi tim klaim dari Travellin.

Itulah contoh asuransi perjalanan yang dipasarkan oleh Adira Insurance. Secara umum, produk-produk asuransi perjalanan yang dipasarkan perusahaan asuransi yang lain, memiliki perlindungan dasar yang serupa.

Satu hal lagi, beberapa produk asuransi perjalanan ini memberikan perlindungan semenjak nasabah berangkat dari rumah hingga kembali ke rumah lagi. Jadi bukan hanya saat Anda berada di kendaraan atau pesawat dan selama di lokasi tujuan perjalanan, yang di-cover oleh asuransi jenis ini.

Silakan menghubungi perusahaan asuransi tepercaya bagi Anda, kemudian tanyakan sedetil mungkin informasinya, baru putuskan sesuai dengan kebutuhan.   Edi

Leave a Reply