Site icon Media Asuransi News

Bhinneka Life Dorong Akses Asuransi Bagi Seluruh Masyarakat

   PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) menilai perlunya peningkatan edukasi perihal literasi keuangan, khususnya asuransi di Indonesia. Berdasar data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks literasi asuransi di Indonesia pada tahun 2017 baru mencapai 15,76 persen, turun dari survei tahun 2013 yang berada pada angka 17,84 persen. Padahal, menurut Direktur Utama Bhinneka Life Wiroyo Karsono, asuransi seharusnya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarat di Indonesia, bukan hanya di kota-kota besar.

    Dia tambahkan, sebagai perusahaan asuransi nasional, pihaknya memiliki tekad untuk dapat menjangkau seluruh masyarakat di wilayah Indonesia. “Hingga ke kota-kota kecil dan wilayah perdesaan, agar mereka dapat merencanakan keuangan dengan lebih baik sekaligus mendapatkan proteksi bagi diri dan keluarganya. Kami percaya, pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan semakin baik apabila masyarakatnya terlindungi dengan baik, melalui asuransi, dalam menghadapi faktor risiko di masa depan,” ujarnya dalam acara buka puasa bersama wartawan di Jakarta, 7 Juni 2018.

    Wiroyo menjelaskan, pada bulan Mei 2018, Bhinneka Life menggelar safari edukasi asuransi bertajuk “Bhinneka Life Simfoni Untuk Negeri” di Kota Yogyakarta dan Padang, Sumatera Barat. Pada acara ini, Bhinneka Life mengundang para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di kota-kota yang disinggahi, menghadirkan pojok permainan anak dengan ragam yang mengangkat budaya dan kearifan lokal, serta pementasan tarian tradisional setempat. “Kami hadir di berbagai wilayah di Indonesia untuk bisa menjangkau seluruh masyarakat agar mereka mendapatkan proteksi masa depan yang baik,” tuturnya.

    Bhinneka Life juga bekerjasama dengan PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN), anak perusahaan yang dibentuk dari BUMN-BUMN strategis, yakni BULOG, Danareksa, Pertamina, PPI, RNI, PIHC dan PTPN III. Dalam kerja sama yang akan berlangsung selama tiga tahun ke depan ini, Bhinneka Life berkomitmen memberikan edukasi perencanaan keuangan di bidang asuransi kepada para petani dan masyarakat desa, khususnya anggota BUMDes, di bawah binaan anak perusahaan MBN bersama BUMDes dan Gapoktan setempat, di seluruh Indonesia. Upaya ini merupakan dukungan Bhinneka Life terhadap upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan melalui perencanaan keuangan menuju masyarakat well literate.

     Dari sisi produk, selain produk asuransi di bidang kesehatan, keluarga dan pendidikan, Bhinneka Life juga memiliki produk asuransi lain. Untuk jenis proteksi dan investasi, Bhinneka Life menawarkan produk Bhinneka Assurance Link, sebuah produk yang menggabungkan antara asuransi dan investasi. Solusi Akumulasi Kekayaan Total, menawarkan produk Asuransi Jiwa yag memberikan manfaat nilai tunai pada akhir periode pertanggungan yang dapat digunakan nasabah untuk meningkatkan kekayaan dan memenuhi tujuan keuangan. Untuk itu, Bhinneka Life menawarkan Bhinneka Assurance Investa Link. Adapun untuk mempersiapkan masa depan, Bhinneka Life manawarkan dua produknya, yaitu Bhinneka Assuranve Estate untuk menngelola warisan dan Bhinneka Assurance Capital untuk merencanakan dana pensiun nasabah.

    Sejak didirikan pada tahun 2016, Bhinneka Life telah memiliki 25 kantor wilayah dan 355 kantor pemasaran di seluruh wilayah Indonesia, serta melindungi lebih dari 92.000 pemegang polis. Hingga akhir 2017, Bhinneka Life telah mendapatkan laba komprehensif senilai Rp11,4 miliar dengan tingkat Risk Based Capital (RBC) 417 persen, jauh melampaui ketentuan minimum yang ditetapkan oleh OJK yaitu 120 persen. Bhinneka Life telah memenuhi kewajiban membayar klaim senilai Rp9,15 miliar hingga akhir 2017 dan Rp31,35 miliar untuk periode Januari hingga April 2018. Edi

Exit mobile version