BJB Ingin Lahirkan 100 Ribu Wirausaha Baru

Bank Jabar Banten (Bank BJB) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan penambahan 100 ribu wirausaha baru. Untuk melahirkan wirusaha baru, Bank BJB akan memberikan bunga kredit yang sangat kompetitif yakni sebesar 8,3 persen efektif rate atau setara dengan 0,37 persen per bulan. Hal ini disampaikan Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional “Ekonomi Tumbuh Tinggi, Berkualitas, dan Berkelanjutan Melalui Peningkatan Value Added UMKM” di Kantor Bank Indonesia, Jakarta, 15 September 2016.
Irfan mengungkapkan bahwa jumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia terus meningkat dari total usaha yang ada. “Jumlah ini termasuk yang paling banyak di antara negara lain, terutama sejak 2014 hingga 2016. Hal ini memicu masyarakat usia produktif untuk menciptakan peluang usaha baru dengan membuka bisnis.Sebagian besar wirausaha baru masuk dalam kategori pelaku UMKM,” kata Irfan.
Dia berharap, kredit dengan bunga kompetitif itu akan memicu pertumbuhan wirausaha, khususnya di Jawa Barat. Selain itu, Bank BJB memiliki produk Kredit Mikro Utama yang menerapkan bunga hanya sebesar 8,71 persen. Tidak hanya berperan sebagai penyalur kredit, Bank BJB juga memiliki program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu. “Dalam program itu, debitur bank bjb mendapatkan pelatihan dan bimbingan yang berkaitan dengan usahanya,” jelasnya. Edi