BNI Selenggarakan RUPSLB: Dirut dan Beberapa Direksi Diganti

Caption: Komisaris Utama BNI Agus Dermawan Wintarto Martowardojo (kanan), Mantan Direktur Utama BNI Herry Sidharta (kedua kiri), Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati (kiri), dan Direktur Human Capital dan Kepatuhan BNI Bob Tyasika Ananta (kedua kanan) berbincang setelah penyelenggaraan RUPSLB BNI di Jakarta, 2 September 2020. Salah satu hasil RUPSLB tersebut adalah mengangkat Royke Tumilaar (saat ini Dirut Bank Mandiri) sebagai Direktur Utama BNI yang baru.

   Media Asuransi – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta, 2 September 2020. Agenda RUPSLB kali ini adalah pergantian pengurus perseroan.

    RUPSLB memutuskan pergantian beberapa direksi perusahaan, termasuk posisi direktur utama yang semula dijabat Herry Sidharta, kini akan ditempati oleh Royke Tumilaar yang saat RUPSLB berlangsung masih menjadi Dirut Bank Mandiri. Dalam keterangan resmi disebutkan, penetapan pengangkatan direksi baru berlaku efektif setelah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper test).

   RUPSLB ini dipimpin oleh Komisaris Utama BNI Agus Dermawan Wintarto Martowardojo. Mengingat RUPS LB diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19, perseroan membagi beberapa tempat bagi pemegang saham yang tetap hadir secara fisik dengan memperhatikan kapasitas ruangan dan pemberian jarak. Selain itu, perseroan menggunakan platform digital e-proxy yang dikembangkan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melalui sistem eASY KSEI dan menyediakan live streaming pelaksanaan RUPS LB bagi pemegang saham yang tidak dapat hadir secara fisik.

      RUPSLB BNI memutuskan untuk susunan Dewan Komisaris dan Direksi BNI adalah sebagai berikut. Dewan Komisaris: Komisaris Utama/Komisaris Independen Agus DW Martowardojo, Wakil Komisaris Utama Pradjoto. Komisaris Independen: Sigit Widyawan, Asmawi Syam, Septian Hario Seto, dan Iman Sugema. Komisaris: Joni Swastanto, Askolani, Ratih Nurdiati, dan Susyanto.

     Dewan Direksi: Direktur Utama Royke Tumilaar, Wakil Direktur Utama Adi Sulistyowati, Direktur Keuangan Novita Widya Anggraini, Direktur Manajemen Risiko David Pirzada, Direktur Tresuri dan Internasional Henry Panjaitan, Direktur Bisnis Konsumer Corina Leyla Karnalies, Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Muhammad Iqbal, Direktur IT dan Operasi YB Hariantono, Direktur Human Capital dan Kepatuhan Bob Tyasika Ananta, Direktur Hubungan Kelembagaan Sis Apik Wijayanto, Direktur Corporate Banking Silvano Winston Rumantir, Direktur Layanan dan Jaringan Ronny Venir. Edi