PT Asuransi BRI Life, yang juga merupakan anak perusahaan dari Bank BRI berhasil mencatat kinerja terbaiknya sebagai perusahaan asuransi jiwa lokal Indonesia, hal ini dibuktikan dengan berturut-turut diterimanya enam penghargaan selama semester pertama di tahun 2019 dari beberapa media bisnis nasional. Penilaian dilakukan secara independen berdasarkan kinerja keuangan tahun 2018 yang dipublikasikan. “Kami terus berupaya dalam menjaga kinerja bisnis BRI Life agar tetap sehat dan solid, dengan terus melakukan inovasi dan inisiasi pengembangan produk yang sesuai segmen dan target,” kata Direktur Utama BRI Life Gatot Mardiwasisto dalam keterengan resmi, 12 Agustus 2019.
Pada bulan Maret 2019, BRI Life memperoleh penghargaan sebagai Most Trusted Insurance Company dan di bulan April 2019 ada penghargaan kepada CEO BRI Life dalam ajang Top Leader Award 2019. Selanjutnya pada bulan Juli 2019, BRI Life menambah empat penghargaan yang diraih dari institusi berbeda. “Merupakan suatu kebanggaan bagi BRI Life karena berbagai upaya dan kerja keras manajemen dan keluarga besar BRI Life dalam memberikan pelayanan bagi nasabah khususnya dalam bentuk solusi kebutuhan asuransi yang terbaik, berhasil mendorong kepuasan dan loyalitas nasabah sekaligus menuai pengakuan dari media dan lembaga independen di Indonesia,” tutur Gatot.
Penghargaan sebagai peringkat pertama disematkan kepada BRI Life sebagai “Best Life Insurance 2019” untuk kategori perusahaan asuransi jiwa dengan Ekuitas Rp1,25 triliun – Rp4 triliun. Penghargaan ini diberikan oleh Media Asuransi berdasar hasil riset Lembaga Research Media Asuransi (LMRA) setelah mengkaji dan mencatat pertumbuhan underwriting BRI Life yang merupakan terbaik di kelompoknya (tumbuh pesat hingga 306 persen). Selain itu, komponen ratio beban juga memperoleh nilai tertinggi dengan pertumbuhan premi mencapai 12 persen dan kenaikan cadangan teknis mencapai 15 persen.
Dari media nasional lainnya, BRI Life juga meraih peringkat pertama sebagai perusahaan asuransi jiwa berpredikat “Sangat Bagus” serta memperoleh “Golden Trophy” atas pencapaian 5 tahun berturut turut dengan predikat “SANGAT BAGUS”, kategori perusahaan asuransi Jiwa dengan Premi Bruto 1-5 triliun. Penghargaan ini diberikan atas pencapaian kinerja BRI Life yang konsisten dalam pengembangan bisnis bancassurance dan asuransi mikro yang antara lain dilakukan dengan mengoptimalisasi sinergi melalui perusahaan induk Bank BRI.
Masih di bulan Juli 2019, BRI Life mendapat dua penghargaan dari majalah bisnis nasional lainnya. Pertama, sebagai ‘Perusahaan Asuransi Inovatif dalam Pengembangan Bancassurance & Produk Link Berbasis Syariah’. Sedang yang kedua, penghargaan sebagai Peringkat Ketiga “Best Life Insurance 2019” untuk kategori perusahaan asuransi Jiwa dengan aset Rp5 – Rp10 triliun.
Secara terpisah, Direktur Pemasaran dan Syariah BRI Life Anik Hidayati memaparkan bahwa dalam menunjang kinerja perusahan, BRI Life Sepanjang tahun 2018 hingga medio 2019, telah meluncurkan dan melakukan inisiasi pengembangan produk yang didasari oleh analisa kebutuhan dan segmen pasar.
“Pencapaian ini tentunya memberikan gambaran, Asuransi BRI Life merupakan salah satu unit bisnis Bank BRI yang akan terus berkembang positif ditahun-tahun selanjutnya” tutur Anik. Edi