CEO Cigna Indonesia Herlin Sutanto mengatakan bahwa pada tahun ini pihaknya akan kembali meluncurkan produk baru. Dia memberi bocoran, produk tersebut akan dapat dimanfaatkan oleh senior citizen dalam memenuhi kebutuhannya. Menurut Herlin, dalam beberapa tahun terakhir Cigna Indonesia meluncurkan beberapa produk yang dapat memenuhi kebutuhan para senior citizen ini, termasuk produk yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. “Produk kami selama ini ternyata banyak juga dimiliki oleh nasabah yang berusia 30-60 tahun,” katanya saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, 19 Juli 2016, dalam rangka merilis hasil Survei Skor Kesejahteraan 360° Cigna.
Herlin Sutanto menjelaskan bahwa survei tersebut berlangsung di 23 negara dengan jumlah responden 14.165 orang, termasuk 1.000 orang responden di Indonesia yang berlangsung Februari-Maret 2018. Skor Kesejahteraan Indonesia mengalami penurunan dari 62,8 di tahun sebelumnya menjadi 61,0. “Skor Indonesia ini berimbang dengan negara-negara Eropa seperti Perancis dan Spanyol. Sedikit di atas negara tetangga, Singapura,” jelasnya. Hasil survei yang tahun ini memasuki tahun keempat, menjadi bahan acuan bagi Cigna dalam mendesain produk yang akan dipasarkan.
Sebagai contoh salah satu temuan Survei Skor Kesejahteraan 360° Cigna tahun 2018 ini, yakni masyarakat Indonesia merasa masih tidak terlalu pusing dalam menyiapkan dana untuk masa tua mereka. Sebab, sebanyak 44 persen dari responden yang berharap anak mereka akan mengurus saat mereka tua. “Jumlah itu jauh di atas rata-rata global yang sebesar 22 persen,” Herlin Sutanto. Dia tambahkan, melalui survei itu, Cigna menjadi mengerti kebutuhan konsumen, sehingga bisa memberikan solusi dengan kualitas terbaik. Dengan memahami persepsi masyarakat secara keseluruhan tentang kesejahteraan, Cigna dapat mengembangkan perlindungan yang lebih baik. “Tentunya ini bisa membantu perencanaan kebutuhan kesehatan dan keuangan masyarakat Indonesia,” tandasnya.
Menurut Herlin, masyarakat Indonesia ‘siap’ untuk masa tua, yakni tetap percaya bahwa anak akan mengurus hidup mereka. Sebanyak tujuh dari 10 responden di Indonesia melihat diri mereka siap memasuki usia pensiun, baik secara sosial maupun keuangan. Angka itu berada di atas rata-rata global yakni lima dari 10 responden. “Tanpa perencanaan keuangan yang baik, optimisme ini bisa menghasilkan risiko di kemudian hari. Ekspektasi mereka tentang kesiapan hari tua, bisa saja mengecewakan mereka di masa depan,” tuturnya.
Terkait hasil survei itu, Cigna Indonesia melihat perlunya memberikan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya perencanaan finansial untuk masa tua. Herlin menjelaskan bahwa pihaknya tengah menyiapkan produk dana pensiun untuk mendukung kampanye tersebut. “Saat ini memang produk kami lebih banyak pada produk kesehatan, belum ada yang khusus dana pensiun. Dengan kondisi ini, tentu kami akan menyiapkan produk yang cocok untuk pensiun,” tambahnya.
Dalam kesempatan yang sama, Director dan Chief Marketing Officer Cigna Indonesia Ben Furneaux menjelaskan bahwa sebagian besar responden di Indonesia setuju pentingnya asuransi. Delapan dari 10 orang percaya asuransi merupakan hal yang ‘penting’ atau ‘sangat penting’ dalam mengatur kesejahteraan keuangan mereka secara keseluruhan.
Sebanyak 70 persen responden mengatakan, mereka mencari nasihat tentang kesejahteraan hidup dari pasangan, sementara 46 persen responden mencari nasihat dari orangtua. “Ini berarti keluarga memegang peranan yang penting dalam membantu orang yang kita sayangi dalam mempersiapkan masa depan yang pasti atau #AssuredFuture. Makanya, penting bagi kami membantu mereka memahami perencanaan keuangan mereka melalui persiapan sederhana namun berguna dan dapat diterapkan,” katanya.
Dengan lebih dari 220 tahun pengalaman di dunia dan lebih dari 28 tahun di Indonesia, Cigna Indonesia menawarkan berbagai macam proposisi yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tahap kehidupan. Cigna Indonesia menyediakan berbagai macam produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan perlindungan nasabah di setiap tahap perjalanan hidup mereka, dan menjadi pionir dalam menyediakan solusi asuransi yang dapat menanggung seluruh keluarga hanya dengan satu polis asuransi
Cigna bermitra dengan AdMedika, salah satu layanan administrasi kesehatan terkemuka yang memungkinkan Cigna untuk menjangkau lebih dari 700 rumah sakit di Indonesia. Untuk menjawab kebutuhan layanan medis terkini nasabah, Cigna juga berkolaborasi dengan HaloDoc, sebuah aplikasi kesehatan digital yang memberikan manfaat tambahan bagi pemegang polis produkhospital income plan seperti konsultasi kesehatan dan layanan antar obat-obatan secara gratis. Cigna juga mendorong nasabah untuk meningkatkan kesejahteraan mereka dengan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga melalui berbagai macam inisiatif seperti tiket nonton gratis, dan diskon di lebih dari 600 merchant di Indonesia. Edi