Dalam 1 Tahun, Bank Mandiri 2 Kali Ganti Dirut

Media Asuransi – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) PT Bank Mandiri Tbk di Jakarta, Rabu, 21 Oktober 2020 memutuskan untuk mengangkat Darmawan Junaidi sebagai direktur utama. Berdasar hasil RUPS LB ini, Darmawan Junaidi menjadi Dirut Bank Mandiri ketiga dalam setahun terakhir.

Bank Mandiri Syariah Optimalkan Restrukturisasi Nasabah dan Siap Salurkan Dana PEN

Akhir Oktober tahun 2019, Kartika Wirjoatmodjo yang saat itu menjadi Dirut Bank Mandiri, diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN. Posisi yang ditinggalkan Kartika kemudian ditempati oleh Royke Tumilaar yang resmi diangkat sebagai Dirut Bank Mandiri dalam RUPS LB perseroan pada tanggal 9 Desember 2019. Hanya sekitar 10 bulan menduduki jabatan sebagai Dirut Bank Mandiri, Royke kemudian diangkat menjadi Dirut PT Bank Negara Indonesia Tbk dalam RUPS LB pada tanggal 2 September 2020.

Sebelum diangkat menjadi Dirut, Darmawan Junaidi menjabat sebagai Direktur Treasury, International Banking, and Special Asset Management, sejak ditunjuk melalui RUPS LB, tanggal 9 Desember 2019. Karirnya di Bank Mandiri memang lebih banyak dihabiskan di bidang treasury.

Kini dengan pengangkatan Darmawan Junaidi sebagai Dirut, Bank Mandiri melanjutkan regenerasi kepemimpinan dengan mulus pasca penunjukkan talenta internal sebagai nahkoda salah satu bank beraset terbesar di Indonesia tersebut. Dalam keterangan resmi usai RUPS LB disebutkan bahwa pemegang saham juga menyetujui Alexandra Askandar menjadi Wakil Direktur Utama Bank Mandiri. Alexandra sebelumnya adalah Direktur Corporate Banking Bank Mandiri.

Susunan direksi perseroan pasca RUPS LB ini sebagai berikut: Direktur Utama Darmawan Junaidi, Wakil Direktur Utama Alexandra Askandar. Direktur Manajemen Risiko Ahmad Siddik Badruddin, Direktur Information Technology Rico Usthavia Frans, Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Agus Dwi Handaya, Direktur Commercial Banking Riduan, Direktur Treasury dan International Banking Panji Irawan, Direktur Jaringan dan Retail Banking Aquarius Rudianto, Direktur Hubungan Kelembagaan Rohan Hafas, Direktur Corporate Banking Susana Indah Kris Indriati, Direktur Operations Tony Eko Boy Subari, serta Direktur Keuangan dan Strategi Sigit Prastowo.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan mengemukakan bahwa penunjukan bankir internal untuk mengisi pucuk pimpinan perseroan, merupakan bentuk kepercayaan pemegang saham kepada sistem pengembang sumber daya manusia di Bank Mandiri dalam pembentukan talenta terbaik untuk dapat membawa Bank Mandiri menjadi institusi keuangan terbaik di Tanah Air.

“Dengan komposisi direksi ini, kami optimistis jajaran direksi akan semakin solid dan kompak dalam membawa Bank Mandiri mengarungi kondisi perekonomian di tengah pandemi Covid-19. Apalagi tantangan di industri perbankan terus meningkat karena ketidakpastian ekonomi ke depan, persaingan usaha yang semakin ketat serta perkembangan teknologi finansial dalam berbagai aspek kehidupan sehingga dibutuhkan solusi inovatif untuk memastikan pertumbuhan bisnis yang sehat dan berkesinambungan,” kata Rully Setiawan. Edi