IHSG Berpotensi Melanjutkan Tren Penguatan

Media Asuransi – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa, 15 September 2020, diperkirakan berpotensi menguat, melanjutkan tren penguatan pada perdagangan hari ini, Senin, 14 September 2020.

 Head of Research Equity Technical Analyst PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk Lanjar Nafi mengatakan, secara teknikal pergerakan IHSG berhasil break out Moving Average 50 hari sebagai konfirmasi penguatan lanjutan ke level target Moving Average 20 dan 200 hari.

 “Indikator stochastic membentuk pola golden-cross pada area oversold dengan indikator RSI yang bergerak bullish reversal momentum sehingga selanjutnya secara teknikal IHSG masih berpotensi menguat dengan support resistance 5.145-5.240,” katanya melalui keteranagan resmi, Senin, 14 September 2020.

 Seiring dengan tren penguatan IHSG tersebut, dia menyarankan saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal di antaranya; ANTM, ASII, BBTN, BMRI, BRPT, CTRA, INDY, JSMR, dan PGAS.

Pada penutupan perdagangan hari ini, IHSG menguat +2,89 persen atau 145.12 poin ke level 5.161 dengan saham-saham sektor properti (+6,47 persen) dan Basic Industri (+4,28 persen) memimpin penguatan pascaperinganan PSBB menjadi PSBB ketat saja.

Saham-saham BSDE (+10,22 persen) dan PWON (+8,57 persen) memimpin penguatan pada sektor properti. Saham-saham pakan ternak memimpin penguatan sektor industri dasar dengan saham CPIN (+5,08 persen) dan JPFA (+3,17 persen) naik setelah pemerintah berjanji membenahi perunggasan di Tanah Air dengan menyeimbangkan supply dan demand serta memperbaiki harga ayam.

Investor asing tercatat melakukan aksi jual bersih sebesar Rp478,14 miliar dengan saham saham BBCA dan ASII menjadi yang terbanyak.

Mayoritas indeks saham Asia ditutup menguat. Indeks Nikkei (+0,65 persen), TOPIX (+0,88 persen), Hangseng (+0,56 perdsen), CSI300 (+0,51 persen) naik lebih dari setengah persen, setelah mengiringi kemerosotan saham global pada pekan lalu. Investor berspekulasi pada kemajuan menuju vaksin Covid-19.

Adapun, Bursa Eropa membuka perdagangan tipis pada zona hijau. Indeks Eurostoxx (+0,19 peren), FTSE (+0,02 persen) dan DAX (+0,13 persen) naik tipis berjuang di area positif. The Fed minggu ini diharapkan untuk mempertahankan sikap dovish pada kebijakan karena investor mencari tanda-tanda ekonomi global pulih dari pandemi. Investor selanjutnya akan menanti data produksi industri dan penjualan ritel China akan dirilis pada hari Selasa sebagai acuan kondisi ekonomi saat Asia saat ini. ACA